Minimalisir Arus Balik, Polisi Lakukan Penyekatan di Perbatasan Solo

Minimalisir Arus Balik, Polisi Lakukan Penyekatan di Perbatasan Solo
PERISTIWA | 28 Mei 2020 16:45 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Polresta Surakarta melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan untuk meminimalisir pemudik yang akan kembali ke kota asal, terutama kota yang dikategorikan zona merah. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Polres sekitar, terutama di jalur masuk jalan tol.

"Kita tetap melaksanakan penyekatan di batas kota. Tapi perlu diingat, Solo ini kan tempat tujuan, tentu saja yang akan keluar kembali ke tempat asal akan kita lakukan pemeriksaan di sini," ujar Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai, Kamis (28/5).

Andy mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan tujuan setiap kendaraan yang keluar dari Solo. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan wilayah tetangga seperti Polres Karanganyar yang mempunyai pintu tol.

"Dari sini akan kita sampaikan misalnya, bahwa akan ada beberapa kendaraan pelat luar Jawa Tengah yang akan melintas di pintu tol," katanya.

1 dari 1 halaman

Pihaknya juga akan melihat kelengkapan yang dibawa para pengendara. Termasuk juga syarat-syarat yang ditetapkan pemerintah, khususnya bagi pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Termasuk aparat, lanjut dia, harus memiliki surat tugas dan masyarakat umum yang juga harus memiliki surat keterangan bebas Covid-19 dan lainnya.

"Kalau tidak dilengkapi dengan surat-surat itu, akan kita kembalikan," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan aturan tegas kepada pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Mereka yang tidak memiliki dokumen izin operasi selama masa pandemi virus corona (Covid-19) dilarang masuk wilayah DKI Jakarta.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monroe juga menyatakan setiap masyarakat atau pengendara yang hendak berpergian meninggalkan suatu daerah atau kota juga wajib membawa surat hasil rapid test maupun PCR. (mdk/ray)

Baca juga:
Pemprov DKI: Palsukan SIKM Langgar UU ITE
Masuk Jakarta Tak Punya SIKM, 6.364 Kendaraan Disuruh Putar Balik
Dishub DKI Antisipasi 1,7 Orang yang Terlanjur Mudik Balik ke Jakarta
Tidak Sesuai Persyaratan, 4.544 Permohonan SIKM Jakarta Ditolak
Dishub DKI Sebut 2.900 Kendaraan Putar Balik karena Tak Punya SIKM

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5