Misteri Mayat Dalam Koper di Bogor, Warga Negara Asing yang Jadi Korban Pembunuhan?

PERISTIWA | 20 November 2019 06:45 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Mayat pria dalam koper bikin geger warga Kampung Teluk Waru, Desa Curug Bitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Minggu (10/11). Mayat tersebut pertama kali ditemukan warga sekitar pukul 13.00 WIB. Warga curiga ada bau tak sedap yang bersumber dari koper tersebut. Alhasil, warga melaporkan kejadian ini ke Polsek Nanggung.

"Kami menerima informasi bahwa ditemukan koper berwarna biru tua yang mengeluarkan bau menyengat. Kemudian anggota langsung menuju TKP dan memeriksa langsung," kata Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, Minggu (10/11).

Mayat tersebut dievakuasi dan dibawa ke RS Polri Kramatjati untuk dilakukan autopsi. Namun hingga saat ini, pelaku masih misteri dan korban sulit diidentifikasi. Berikut hasil identifikasi polisi terkait mayat pria dalam koper di Bogor:

1 dari 3 halaman

Mayat Ditemukan Dalam Keadaan Diplester

Mayat pria ditemukan terbungkus kain selimut serta diplester seluruh tubuhnya, dan diletakkan dalam koper berwarna biru tua. Kemudian polisi mencoba mengidentifikasi mayat pria tersebut.

Namun identifikasi sulit dilakukan, karena jasad sudah mengalami kerusakan. "Pada Minggu (10/11), jasad tersebut tiba ke RS Polri pukul 19.45 WIB. Secara fisik sulit dikenali karena pembusukan," kata Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Kombes Pol Edy Purnomo di Jakarta, Senin (11/11).

Mayat yang ditemukan dalam koper berukuran standar di kebun kosong Kampung Waru, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/11), diduga telah lima hari sehingga membusuk.

2 dari 3 halaman

Diduga Warga Negara Asing

Kepolisian Resor Bogor mencoba mengidentifikasi mayat pria tersebut. Ada dugaan mayat tersebut merupakan warga negara asing, karena memiliki tinggi 183 sentimeter di atas tinggi rata-rata orang dewasa, usia diperkirakan di atas 40 tahun dan berat badan sekitar 60 kilogram lebih. Selain itu, saat coba diidentifikasi menggunakan alat e-KTP data korban tidak muncul.

"Kita belum bisa pastikan. Kan identitas korban juga belum diketahui. Namun memang ada beberapa sidik jari pada tubuh korban rusak," kata Kapolres Bogor AKBP M Joni, Senin (18/11).

Tak hanya itu saja, di bagian tubuh mayat pria ini terdapat bekas luka jahitan sepanjang 6 sentimeter pada kaki bawah sebelah kanan dan luka jahitan pada perutnya berukuran 4x6 centimeter.

3 dari 3 halaman

Ada Indikasi Kekerasan

Polisi terus mengidentifikasi mayat pria yang ditemukan membusuk dalam koper. Dari hasil sementara, terdapat luka pada kepala korban akibat hantaman benda tumpul, dan ada luka di bibir bawah korban, yang diindikasikan telah terjadi penyekapan pada korban.

"Luka di kepalanya bukan di luar tapi di dalam. Lalu ada beberapa luka tapi bukan yang mengakibatkan korban meninggal, melainkan luka lama bekas jahitan operasi dan lainnya. Di bibir bawah juga luka terindikasi terjadi penyekapan juga," kata Kapolres Bogor AKBP M Joni, Senin (18/11). (mdk/dan)

Baca juga:
Polisi Segera Ungkap Sketsa Wajah Mayat Pria dalam Koper
Polres Bogor Buat Sketsa Wajah Mayat Laki-Laki Dalam Koper
Polisi Duga Ada Indikasi Penyekapan Terhadap Mayat Pria dalam Koper di Bogor
Wajah Membusuk, Mayat Pria Diplester dalam Koper Sulit Diidentifikasi
Mayat Diplester di Dalam Koper Diduga Korban Pembunuhan
Mayat Pria Diplester dalam Koper Gegerkan Warga Nanggung Bogor