Mobil Dipakai Mencuri Mogok, Pencuri Kotak Amal Ini Babak Belur Digebuki Massa

PERISTIWA » MALANG | 11 Oktober 2019 00:45 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Nasib apes menimpa seorang pencuri kotak amal di sejumlah musala kawasan Sidoarjo. Sebab, mobil yang dipakainya untuk melarikan diri justru mogok, sehingga ia pun babak belur dihajar massa yang menangkapnya.

Informasinya, tersangka beraksi sendirian bersama mobil sewaannya, Honda Brio bernopol N 1439 WO. Pelaku diketahui bernama Harianto (31), warga Desa Pagerwojo, Sidoarjo.

"Dia (pelaku) masuk ke musala Baiturrahim, di Desa Bulusidokare, Sidoarjo usai kami salat Dzuhur, berjemaah. Pelaku kepergok takmir. Karena mendengar suara benturan benda keras yang mengarah ke kotak amal," kata Soleh, warga sekitar lokasi kejadian, Kamis (10/10).

Kata Soleh, massa berupaya menghentikan pelaku, tapi ia berhasil masuk mobilnya saat akan ditangkap. Sampai akhirnya massa melakukan pengejaran, dan berhasil menangkapnya di Raya Jenggolo, Sidoarjo, lantaran mobil pelaku tiba-tiba mogok di jalan.

Sementara itu Kapolsek Sidoarjo Kota, Kompol Supian mengatakan, tersangka mengaku nekat mencuri kotak amal beralasan untuk mencicil mobil.

"Sudah tiga kali beraksi. Seperti di Desa Sugihwaras, Tenggulunan, dan terakhir kalinya di Bulusidokare itu," katanya.

Supian menambahkan, dugaan tersangka panik saat dikejar massa. Sepeda motor polisi yang ikut mengejar pun sempat ditabraknya juga.

"Tersangka akhirnya tertangkap, di fly over Raya Jenggolo, karena mobilnya mogok, tersangka keluar, tapi beruntung berhasil ditangkap," terangnya.

Ada pun barang bukti yang berhasil disita petugas, seperti sebuah kotak amal beserta sejumlah uang. Dan atas perbuatannya tersangka akan dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman empat sampai tujuh tahun penjara.

Baca juga:
Jual Sepeda Motor di Facebook, Sindikat Pencuri Diringkus Polisi
Perumahan Elit Citraland Dibobol, Maling Terlihat Acungkan Benda Mirip Senpi
Miris, Pasutri di Surabaya Ajak Anak Balitanya Mencuri
Beraksi Dini Hari, Pencuri Mengendarai Mobil Gondol Kotak Amal di Malang
Curi Uang Amal Wihara, Pelaku Gunakan Buat Bayar Utang dan Berfoya-foya

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT