Mobilitas Publik ke Tempat Rekreasi hingga Kantor Naik pada Agustus 2021

Mobilitas Publik ke Tempat Rekreasi hingga Kantor Naik pada Agustus 2021
Klaster Covid-19 di Perkantoran. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 15 September 2021 12:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pergerakan atau mobilitas masyarakat di tempat rekreasi hingga kantor terus menunjukan peningkatan secara perlahan pada Agustus 2021.

"Kalau kita perhatikan di Agustus 2021 ini, saya liat di tempat perdagangan, ritel dan rekreasi, di sana ada perbaikan dibandingkan kondisi baseline 3 Januari-6 Februari 2020," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam sesi teleconference, Rabu (15/9/2021).

Margo memaparkan, mobilitas masyarakat di tempat perdagangan, ritel dan rekreasi pada Juli 2021 masih ada pengurangan minus 20 persen dari baseline. Namun mulai membaik jadi minus 12,4 persen per Agustus lalu.

Begitu juga tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang menunjukan adanya perbaikan. Jika di Juli 2021 perbaikannya 12,8 persen, pada Agustus 2021 menjadi 15,5 persen.

Mobilitas kegiatan di taman juga mengalami kenaikan. Kalau di Juli itu terjadi pengurangan minus 20 persen, maka pada Agustus ini ada perbaikan mobilitas hingga minus 15 persen.

Demikian juga di tempat transit, perbaikan yang sebelumnya pada Juli mengalami penurunan minus 45,3 persen kemudian naik ke minus 37,4 persen pada Agustus.

Pergerakan masyarakat ke tempat kerja pun mengalami perbaikan. Jika pada Juli terjadi penurunan minus 28,9 persen, di Agustus meningkat jadi minus 22,8 persen.

"Di sini menggambarkan bahwa di bulan Agustus ini terjadi pergerakan mobilitas penduduk di berbagai aktivitas yang akan berdampak kepada indikator ekonomi yang akan kita rilis di saat ini maupun di periode mendatang," tutur Margo.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu (mdk/ray)

Baca juga:
Sekolah di Bali Dibolehkan Gelar PTM, Siswa Diberi Opsi Belajar Daring
Bioskop Boleh Beroperasi di Tangsel, Anak 12 Tahun ke Bawah Dilarang Masuk
Pembukaan Bioskop di Jakarta Masih Pembahasan
Banyak Indikator Ekonomi Membaik, Perekonomian RI Diyakini akan Cepat Pulih
PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Pelaku Perjalanan Dalam Negeri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami