Moeldoko Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional

Moeldoko Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional
PERISTIWA | 13 November 2020 12:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mendukung usulan penetapan Hari Kebaya Nasional. Dia menilai kebaya dapat memperkuat identitas budaya Indonesia.

"Saya kira usulan Hari Kebaya Nasional perlu disiapkan, mulai dari historinya hingga latar belakangnya. Silakan disusun untuk nanti suratnya disampaikan ke Presiden Joko Widodo," katanya dikutip dari siaran persnya, Jumat (13/11).

Dia mengaku siap mendukung penuh Hari Kebaya Nasional dan memikirkan bersama-sama penetapan tanggalnya. Kendati begitu, Moeldoko meminta adanya standar kebaya yang mencirikan identitas Indonesia dan cocok dengan generasi milenial.

Menurutnya, generasi milenial menjadi kunci dalam kampanye berkebaya. Moeldoko menekankan anak muda perlu ditantang untuk melakukan sesuatu yang bersifat aktualisasi sehingga tumbuh rasa bangga memakai kebaya.

Dia berharap kebaya bisa mendapat pengakuan dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Untuk itu, Moeldoko mengatakan, perlunya penetapan jenis kebaya yang komprehensif.

"Karena jenis kebaya Indonesia cukup banyak. Tapi intinya, kami siap mendukung penuh," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), Rahmi Hidayati menyadari perlunya usaha untuk memperkenalkan kembali kebaya kepada generasi milenial. Terlebih, selama ini kebaya selalu indentik dengan ibu-ibu.

"Seperti Sari dari India, Kimono dari Jepang. Jadi kalau orang lihat perempuan pakai kebaya, langsung menyebut dari Indonesia," terangnya.

Rahmi ingin kebaya jadi ciri khas perempuan Indonesia. Dia pun berharap pemerintah dapat terlibat dalam kampanye kebaya dan mendeklarasikan Hari Kebaya Nasional.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami