Moeldoko ingin posisi TNI masuk 10 besar pasukan perdamaian PBB

PERISTIWA | 18 Februari 2015 10:47 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya

Merdeka.com - Dewan Keamanan PBB kerap meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut serta menjadi pasukan penjaga perdamaian di sejumlah negara konflik. Kali ini, Dewan Keamanan PBB meminta TNI untuk membantu menjaga perdamaian serta melakukan misi kemanusiaan di Darfur, Sudan.

Panglima TNI Jenderal Dr. Moeldoko mengatakan, kepercayaan PBB terhadap Indonesia dan TNI cukup besar. Besarnya kepercayaan tersebut menyebabkan TNI sudah diagendakan terlibat dalam sejumlah agenda kemiliteran PBB ke depan.

"Nanti kita juga ada permintaan dari PBB, 1 batalyon untuk tugas di Angola. Target kita 2016 ada 4000 prajurit kita kirim lagi. Semoga kita bisa menjadi 10 besar dalam pasukan perdamaian di PBB," kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/2).

Ketika ditanya keuntungan yang diperoleh Indonesia dan TNI dengan menjalankan tugas Dewan Keamanan PBB tersebut, Moeldoko mengatakan tugas tersebut merupakan bagian dari konstitusi Indonesia dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia.

Moeldoko menegaskan, pengalaman tugas dalam naungan PBB bisa menambah pengetahuan dan pengalaman para prajurit dalam memahami dunia kemiliteran dari tentara-tentara negara lain di dunia.

"Kita memberikan kontribusi kepada dunia dan bangsa indonesia. Dengan ini, TNI bisa memberikan sesuatu terhadap pencapaian perdamaian dunia. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga," kata Moeldoko.

Moeldoko tidak ingin TNI 'seperti katak dalam tempurung' yang berwawasan sempit dan hanya jago kandang.

"Jangan seperti katak dalam tempurung. Biar tentara kita bisa mawas diri bagaimana posisinya. Jadi dia bisa cerita kepada teman-temannya dari Prancis begini, dari Afrika begini, jadi bisa perbaiki diri," ungkap Moeldoko. (mdk/ian)

Baca juga:

2 Prajurit TNI wanita ikut diterjunkan dalam misi PBB ke Sudan

800 Prajurit TNI bawa tank Anoa ke Sudan dalam misi perdamaian PBB

Pasukan Perdamaian TNI siap jika diminta PBB ke Palestina

Sekjen PBB tunjuk jenderal TNI jadi komandan pasukan di Sahara

Pasukan Garuda terima penghargaan Medali PBB

Prestasi Pasukan Garuda di Haiti sabet medali kehormatan PBB

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.