Moeldoko Sayangkan Tiga Insiden di Papua

Moeldoko Sayangkan Tiga Insiden di Papua
PERISTIWA | 17 April 2020 18:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Sebulan terakhir, terjadi rentetan kasus di Papua. Mulai dari penembakan tiga karyawan PT Freeport Indonesia oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika. Kemudian meninggalnya tiga anggota Polri akibat salah paham dengan anggota TNI di Kabupaten Mamberamo Raya. Terakhir tewasnya dua warga sipil di Timika, Eden Armando Bebari (20) dan Roni Wandik (23).

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya menekan hal-hal tak diinginkan terjadi tersebut. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, meminta semua pihak menahan diri agar tidak menimbulkan suasana tidak kondusif di Papua.

"Sangat disayangkan, di tengah penanganan wabah COVID-19, terjadi insiden hingga menimbulkan korban rakyat sipil," kata Moeldoko di Bina Graha, Jakarta, Jumat (17/2).

Dia juga menyayangkan opini yang berkembang, menyebut peristiwa itu akibat anggota TNI yang tidak profesional. Padahal, kata Moeldoko, TNI telah melakukan berbagai peran yang sangat positif dalam mendukung pembangunan kesejahteraan di Papua.

Di antaranya, gerakan imunisasi di Asmat, imunisasi polio di Yahukimo dan daerah lainnya, mendukung kegiatan pembangunan desa, dan lain-lain.

Moeldoko berpesan agar semua pihak fokus menjaga perdamaian, pembangunan kesejahteraan, dan mengatasi penyebaran Covid-19 di Papua. Dia juga berharap tidak terjadi lagi peristiwa kekerasan di Papua.

Sebab, katanya, penugasan TNI dan Polri di Papua dalam rangka mengawal kedaulatan negara, khususnya mencermati aktifnya kembali Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki situasi ini," jelas Moeldoko. (mdk/lia)

Baca juga:
TNI-Polri Sergap Anggota KKB, 7 Tewas, 1 Ditangkap & Sita Bendera Bintang Kejora
DPR Minta Panglima Beri Perhatian Khusus Insiden di Papua Libatkan TNI
PDIP Minta Anggota Polri dan TNI di Papua Ditertibkan!
Satgas Covid-19 Sebut Gubernur Papua Negatif Corona
Gubernur Papua Lukas Enembe Dievakuasi ke Jakarta
Tim Gabungan Polri-TNI Olah TKP Tiga Polisi Tewas Ditembak di Papua

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5