Momen Keakraban PM Belanda dengan Menlu Retno Marsudi

PERISTIWA | 7 Oktober 2019 14:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, (7/10). Rutte datang ke Indonesia dalam rangka kunjungan resmi.

Kedatangan Rutte bukan hanya disambut Jokowi, namun juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Rutte terlebih dahulu menyalami Jokowi kemudian delegasi Belanda.

Setelah itu, giliran Rutte menyalami para menteri kabinet kerja. Menteri pertama yang disalami Rutte adalah Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Saat menyapa Retno, Rutte langsung mencium pipi kanan dan kiri Retno sebanyak tiga kali. Keduanya terlihat seperti seseorang yang telah akrab.

Di samping keduanya, tampak Jokowi tersenyum melihat momen keakraban Rutte dan Retno. Diketahui, Retno pernah menjadi Dubes Belanda.

Setelah mencium pipi Retno, PM Rutte melanjutkan menyalami menteri kabinet kerja lainnya. Di sana, tampak Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius.

Sementara dalam lawatan kali ini, PM Rutte didampingi oleh Penasihat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Usai bersalaman, Jokowi mengajak PM Rutte menuju Teratai Hall Istana Kepresidenan Bogor untuk mengisi buku tamu. Setelah itu keduanya berbincang santai di veranda talk.

Jokowi lalu mengajak Rutte menanam pohon Damar di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. Kegiatan ini merupakan hal biasa yang dilakukan Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan.

Beda dari tamu negara lain yang biasanya datang mengenakan setelan jas, Rutte justru memakai kemeja batik lengan panjang berwarna cokelat. Tak hanya Rutte, para rombongan delegasi negara kincir angin itu juga mengenakan batik.

Sebagai informasi, kunjungan Rutte ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik. Selanjutnya Rutte akan terbang ke Selandia Baru dan Australia.

Rutte terakhir berkunjung ke Indonesia pada November 2016. Kala itu, dia datang membawa 200 pengusaha Negeri Kincir Angin. Rutte juga turut memberikan keris ke Jokowi sebagai simbol pengembalian 1.500 artefak ke Indonesia.

Reporter: Lisza Egeham (Liputan6.com)

Baca juga:
Jokowi Ajak Belanda Kerja Sama Kelapa Sawit Hingga Investasi Infrastruktur Maritim
Jokowi Terima Kunjungan Perdana Menteri Belanda di Istana Bogor
Soal Kursi Menhan, Jubir Sebut Prabowo Belum Putuskan Koalisi atau Oposisi
Bos BKPM: Presiden Jokowi Masih Bangun Infrastruktur di Periode ke-2
Prabowo Mau Kursi Menhan, Sekjen PPP Bilang 'Kita Saja Belum Jelas'
Jelang Pelantikan Presiden, Pengamanan Rumah Pribadi Jokowi di Solo Diperketat

(mdk/did)