Moratorium Umrah Belum Berdampak pada Penerbangan Solo-Madinah

Moratorium Umrah Belum Berdampak pada Penerbangan Solo-Madinah
PERISTIWA | 28 Februari 2020 00:09 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menunda penerbitan visa belum berdampak bagi penerbangan paket umrah dari Solo. Aktivitas penerbangan langsung Solo–Madinah di Bandara Internasional Adi Soemarmo sampai hari ini masih berjalan normal.

"Penerbangan Umrah yang dari bandara Adi soemarmo sampai hari ini masih operasional normal. Kami masih menunggu instruksi resmi dari Kementerian Perhubungan terkait penghentian penerbangan ke Arab Saudi," ujar Airport Operation and Safety Senior Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Goentoro, Kamis (27/2).

Danang Mandala, operator penerbangan umrah Lion Air menyampaikan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan otoritas penerbangan di Arab Saudi dan terus mengumpulkan data dan berbagai keterangan.

"Lion Air juga akan menyampaikan pemberitahuan kepada para tamu jemaah dan mitra sesuai perkembangan lebih lanjut," katanya.

Sebelumnya diberitakan, penghentian sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia membuat resah biro perjalanan wisata di Solo. Mereka berharap ada kejelasan terkait kabar tersebut, sehingga para calon jemaah tidak resah.

Pengelola biro perjalanan umrah Dewangga yang juga Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo, Her Suprabu mengatakan, selain biro umrah, jemaah juga khawatir uang mereka akan hangus jika tidak jadi berangkat. Dalam bulan Maret ini pihaknya akan memberangkatkan 5 kelompok jemaah umrah dari Solo.

"Pengajuan visa umrah yang sudah kita ajukan terpaksa ditangguhkan dulu. Ini tentu berdampak pada biro dan jemaah umrah. Kami masih mengkonsolidasikan dengan stakeholder terkait dampak kebijakan ini," ujar Her Suprabu, kepada wartawan, Kamis (27/2). (mdk/cob)

Baca juga:
APII: Ada 14 Jadwal Penerbangan Umrah dari Bandara Soekarno-Hatta, 2 Sudah Berangkat
Menhub Berharap 500 Jemaah yang sudah Berangkat ke Arab dapat Izin Umrah
5 Fakta Nasib Jemaah Gagal Umrah Akibat Pemerintah Saudi Antisipasi Virus Corona
Sikap Pemerintah Terkait Saudi Setop Sementara Penerimaan Jemaah Umrah
Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta
Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami