Mudik Gratis Naik Pesawat Hercules

PERISTIWA » MALANG | 1 Juni 2019 15:01 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Ratusan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) beserta keluarganya dan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI melakukan mudik gratis yang digelar oleh TNI AU. Terdapat 3 rute yang diterbangkan pada hari ini, Sabtu (1/6), menuju beberapa kota di Sumatera dan Jawa.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, ini merupakan program yang dilaksanakan setiap tahun untuk membantu anggota bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Mudik gratis ini pula dilakukan lantaran sulitnya para anggota TNI dan PNS TNI yang kesulitan mencari tiket mudik.

"Permasalahan setiap tahun memang angkutan mudik terbatas, yang mudik banyak sehingga selaku berebut tiket dan sebagainya. Untuk itu AU memberikan pelayanan bagi anggota baik militer maupun PNS untuk memfasilitasi mereka dengan menggunakan pesawat," kata Yuyu di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6).

Berdasarkan informasi, program mudik gratis itu dilaksanakan sejak Jumat (31/5) lalu dan juga dilakukan kembali ketika arus balik. Penerbangan pertama kota tujuan Medan-Pekanbaru menumpangi Pesawat Hercules A-1316 TNI AU, kemudian kota tujuan Madiun-Malang menumpangi Pesawat Hercules A-1328 TNI AU, serta kota tujuan Yogyakarta-Solo yang menumpangi Pesawat CN-2904.

"Yang saya siapkan ada 5 skuadron, skuadron angkut semuanya. Kemudian pesawat semuanya kami persiapkan. Dari kemarin kami sudah laksanakan penerbangan, tapi kemarin untuk keluarga karena (anggota) militer kan liburnya baru hari ini. Keluarga sudah kami angkut sebagian dengan harapan tidak terlalu numpuk," bebernya.

©2019 Merdeka.com/Ronald

Menurutnya, dalam sehari penumpang yang diangkut sebanyak 1.000 hingga 1.500 orang. Berdasarkan data pada tahun lalu, total penumpang yang diangkut berjumlah 8.000 orang.

"Tahun lalu sekitar 8.000 untuk semua jurusan. Kita ketahui kalau TNI ini kan di semua nusantara ada jadi mudik tidak selalu ke Jawa tapi di luar Jawa juga ada. Sehingga dari sini Jakarta atau Jawa kami angkut ke luar Jawa, atau sebaliknya, dari luar Jawa di bawa ke lanud. Jadi dari berbagai tujuan. Seluruh lanud kami berikan rute semua sehingga kebagian semua," pungkasnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
Bupati Tangerang Lepas 4.700 Peserta Mudik Gratis
PKB Berangkatkan 600 Peserta Mudik Gratis ke Kampung Halaman
Mudik Gratis 2019, Pegadaian Berangkatkan 2.512 Pemudik Nasabah dan Mitra
Kuota Mudik Gratis via Kapal untuk Pemotor Ditambah
5 Fakta Unik di Balik Membanjirnya Program Mudik Gratis 2019
Di Program Mudik Gratis, BNI Kampanyekan Gerakan 'Mudik Tanpa Plastik'

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.