Muhadjir: Presiden Minta Perubahan Strategi Penanganan Covid-19

Muhadjir: Presiden Minta Perubahan Strategi Penanganan Covid-19
Mendikbud Muhadjir Effendy. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo
PERISTIWA | 27 Januari 2021 21:12 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar jajaran menteri melakukan upaya strategis agar kasus Covid-19 di Indonesia menurun. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan permintaan tersebut diutarakan saat rapat terbatas pada Selasa (27/1).

"Beliau minta supaya ada perubahan strategi, bukan perubahan pendekatan supaya penanganan Covid-19 ini semakin baik," kata Muhadjir dalam siaran telekonference, Rabu (27/1).

Dia mengatakan strategi yang diminta Jokowi salah satunya terkait karantina terbatas, meningkatkan tracing, testing dan treatmen, serta protokol kesehatan. Kemudian strategi pengobatan terhadap mereka yang sudah berstatus sebagai penyandang Covid-19.

"Terutama yang akan kita perpanjang itu pada aspek karantina terbatas yang selama ini sebenarnya diberi pengarahan oleh Presiden untuk dilakukan," ungkap Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, karantina terbatas tersebut ditujukan untuk memisahkan tingkat kasus. Sehingga kata Muhadjir dapat diatasi lebih cepat.

"Kemudian segera kita pisahkan kemudian lakukan isolasi. Kalau kebetulan itu ada di lingkungan padat tidak mungkin ada isoman. Maka harus ditarik ke isolasi kolektif," kata dia.

Dia juga mengatakan akan meningkatkan lingkungan RT/RW untuk bisa membantu masyarakat terpapar Covid-19 yang harus isolasi mandiri. Dia pun berharap agar RT/RW bisa bekerja sama.

"Sebetulnya Presiden sudah lama itu memesan supaya diterapkan karantina terbatas isoman, kalau memang tidak mungkin baru isolasi kolektif di bawa ramai-ramai ke satu tempat terpusat," ungkap Muhadjir. (mdk/gil)

Baca juga:
Kemenkes Akui Masih Utang pada RS yang Layani Pasien Covid-19
42 ASN Pemprov Maluku Positif Covid-19
Langkah Strategis Pemerintah Atasi Keterbatasan Rumah Sakit
Muhadjir Soal Masyarakat Terpapar Covid-19: Jangan Sedikit - Sedikit ke RS
27 Januari Covid di Kaltim Bertambah 756 Kasus, Tertinggi Sejak Pandemi
Pakai Tenda TNI, RS Lapangan Darurat Covid-19 di Solo Tahan Cuaca Ekstrem

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami