Mulai 18 April Pemkot Bengkulu Akan Bagikan Paket Sembako untuk Warga

Mulai 18 April Pemkot Bengkulu Akan Bagikan Paket Sembako untuk Warga
PERISTIWA | 14 April 2020 18:43 Reporter : Hery H Winarno

Merdeka.com - Pemkot Bengkulu akan segera mendistribusikan paket sembako kepada seluruh warga yang terdampak Covid-19. Paket sembako tersebut dibagikan mulai Pada Hari Sabtu Tanggal 18 April nanti. Meski demikian pada Tanggal 18 April tersebut Pemkot Bengkulu baru akan menyalurkan ke 4 kecamatan yakni Kecamatan Teluk Segara, Muara Bangkahulu, Sungai Serut, dan Kampung Melayu.

Kemudian untuk penyaluran tahap kedua dilakukan di tanggal 25 April di Kecamatan Ratu Samban, Selebar, Gading Cempaka. Kemudian yang terakhir pada tanggal 2 Mei di Kecamatan Ratu Agung dan Singgaran Pati. Penyaluran sembako dilakukan bertahap dikarenakan keterbatasan tenaga untuk pengemasan beras. Ini berdasarkan hasil rapat pemkot terkait mekanisme pembagian bantuan pangan sembako, Selasa (14/4/20).

Ini disampaikan Wakil Wali kota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Asisten I Kota Bengkulu Bujang HR serta Plt Kadis Sosial Alex Periansyah bersama seluruh Camat di Kota Bengkulu di Balai Kota.

Dedy mengatakan, bahwa rapat koordinasi tersebut mengatur sistem pembagian bantuan pangan. "Setelah melakukan rapat, disimpulkan bahwa dengan keterbatasan tenaga untuk pengemasan beras, untuk itu penyaluran dilakukan secara bertahap. Yang kita ketahui pada rencana awal tanggal 18 dan 19 dilakukan secara serentak tapi untuk saat ini dilakukan secara bertahap bukan karena tidak ada berasnya ataupun uangnya melainkan proses pengemasan 2.103 ton per-5 KG membutuhkan waktu pengemasan yang memakan waktu sedikit lama," jelas Dedy.

Dedy menjelaskan untuk pembagian tahap pertama disepakati pada tanggal 18 April yang dilakukan pada Kecamatan Teluk Segara, Muara Bangkahulu, Sungai Serut, Kampung Melayu.

"Hal ini dilakukan karena pihak Bulog hanya mampu 200 ton perminggu dengan sasaran 4.000 KK atau 4.000 rumah untuk didistribusikan. Dengan sasaran yang terdampak betul dengan adanya covid-19 ini, apabila ada yang mampu nanti bisa dialihkan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan mendata per-rumah bukan per-kartu keluarga (KK) karena takutnya nanti mendapatkan bantuan ganda apabila ia memiliki KK di dua tempat, dan kita akan memastikan dilakukan bertahap hingga mencapai 20 kg beras dan 2 dus mie instan," jelas Dedy.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu pada hari Jumat (17/4/2020) akan melakukan simulasi cara pembagian sembako dengan memastikan betul ketika barang masuk hingga proses pengantaran (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami