Mulai 2 Juni 2020 Kota Tasikmalaya Jalani New Normal

Mulai 2 Juni 2020 Kota Tasikmalaya Jalani New Normal
PERISTIWA | 31 Mei 2020 22:16 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya saat ini mulai menyosialisasikan tatanan kehidupan normal gaya baru atau new normal. Fase ini disebut adaptasi kebiasaan baru (AKB). Rencananya, akan mulai diterapkan di Kota Tasik pada Selasa (2/6).

Wali Kota Tasikmalaya selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, wilayahnya termasuk yang direkomendasikan melaksanakan new normal, baik oleh pemerintah provinsi mapun pusat.

"Fase new normal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hari ini kita sosialisasi ke sejumlah tempat. Kita akan menerapkan new normal secara serentak tanggal 2 Juni," kata Budi, Minggu (31/5).

Sejumlah tempat, mulai pasar, mal, pusat pertokoan hingga tempat ibadah menjadi sasaran sosialisasi. Tempat-tempat tersebut harus mulai menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, juga melakukan pengawasan agar yang datang menjaga jarak dan mengenakan masker.

Tempat-tempat kerumunan massa itu akan diperkenankan kembali beroperasi tapi tetap melaksanakan protokol kesehatan. "Dalam pelaksanaan kenormalan baru, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," sebutnya.

Dia menambahkan, seluruh pelaku usaha harus berkomitmen memberlakukan protokol kesehatan. Jika tidak mengindahkan komitmen tersebut, pihaknya tak segan memberikan sanksi dengan mencabut izin usahanya.

1 dari 1 halaman

Pengawasan New Normal

Sementara itu, petugas gabungan yang biasa menjaga di pos PSBB akan melakukan pengawasan langsung masuk ke objek perkumpulan massa. Mulai dari pasar, pusat pertokoan, hingga mal. Para petugas akan mengawasi penerapan protokol kesehatan dan nantinya pun akan ada yang melakukan patroli.

"Penerapan new normal perlu dukungan semua pihak. Yang utama adalah kedisiplinan masyarakat. Kita ingin dan rindu kehidupan normal, karena itu semua harus bekerja sama mematuhi anjuran yang ada," katanya.

Budi mengaku belum bisa menentukan sampai kapan fase new normal berlangsung. Karena hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan. Menurutnya, vaksin Covid-19 bisa saja ditemukan setahun atau dua tahun kemudian, sementara pemerintah tak mungkin terus menerapkan PSBB.

"Ekonomi, pendidikan, agama, sosial, dan budaya, harus berjalan," ucapnya.

Saat ini Kota Tasikmalaya telah termasuk ke dalam level 2 atau zona biru di Jabar. Dengan fase new normal, ia berharap agar Kota Tasikmalaya akan menjadi level 1 zona hijau.

"Kalau kita bersama disiplin, kita bisa jadi zoba hijau. Tapi kalau diabaikan, bisa justru kembali ke zona kuning atau merah," tutupnya.

(mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5