Mulai Maret, Larangan Penggunaan Kantong Plastik Saat Belanja Berlaku di Bekasi

Mulai Maret, Larangan Penggunaan Kantong Plastik Saat Belanja Berlaku di Bekasi
PERISTIWA | 21 Februari 2020 23:03 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menerapkan kebijakan minimarket tanpa kantong plastik mulai Maret mendatang. Karena itu pengunjung diminta membawa kantong sendiri atau pengusaha menyiapkan kantong pengganti yang ramah lingkungan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, sebelum kebijakan tersebut diberlakukan, pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi kepada pengusaha ritel di wilayah setempat sejak tahun lalu.

"Sekarang sosialisasi telah memasuki tahap akhir," kata Tri Adhianto di Bekasi, Jumat (22/1).

Menurut Tri, pengusaha mendukung kebijakan tersebut dan akan menjalankan regulasi yang dibuat pemerintah. Karena itu, ia meminta kepada pelanggan minimarket supaya membawa kantong sendiri ketika belanja.

"Kami optimistis penerapan kebijakan tanpa kantong plastik di toko bisa dilakukan di Kota Bekasi seperti yang telah diberlakukan di Bogor dan Bali," ucap Tri.

Tri menambahkan, kebijakan tanpa kantong plastik di toko modern langkah awal pemerintah mengurangi penggunaan kantong plastik di masyarakat. Kebijakan tersebut, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.

"Produksi sampah masyarakat Kota Bekasi mencapai 1800 ton dalam sehari. 40 persen di antaranya adalah sampah anorganik seperti plastik," katanya. (mdk/cob)

Baca juga:
Pemprov DKI Sosialisasi Pergub Larangan Kantong Plastik ke 55 Pusat Perbelanjaan
Penggunaan Kantong Plastik Masih Marak di Pasar Tebet
YLKI Dukung Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Jakarta
Menperin Kritik Anies Baswedan: Lebih Baik Kelola Sampah Dibanding Larang Plastik
Menyulap Sampah Plastik Menjadi Barang Bernilai Ekonomis
Menteri Teten Sebut Larangan Kantong Plastik di Jakarta Gairahkan UMKM

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami