Mulan Jameela Jadi Anggota DPR, Pendukung Minta Caleg Ervin Luthfi Melawan

PERISTIWA | 23 September 2019 10:00 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Partai Gerindra memberhentikan Fahrul Rozi dan Ervin Luthfi dari keanggotaan. Padahal dalam Pemilu Legislatif kemarin, Ervin mendapatkan perolehan suara 33.938 atau menempati posisi ketiga di Dapil XI. Sedangkan Mulan Jameela, istri Ahmad Dhani, yang menempati posisi kelima di dapil tersebut dipastikan lolos ke Senayan menjadi anggota DPR.

Pendukung Ervin di Kabupaten Garut meminta agar ada perlawanan kepada DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Gerindra, karena mengeluarkan surat pemberhentian keanggotaan kader Ervin Luthfi sehingga menggagalkanya masuk Senayan menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Menurut mereka, apa yang dilakukan adalah kezaliman.

Salah seorang pendukung Ervin di Kecamatan Pasirwangi, Aziz (33) mengaku kecewa dengan lolosnya Mulan Jameela ke Senayan dan gagalnya caleg yang didukungnya, Ervin Luthfi.

"Saya berjuang mati-matian untuk kang Ervin dan Gerindra tapi malah seperti ini jadinya," ujarnya, Sabtu (21/9).

Menurutnya, DPP Gerindra telah melakukan kezaliman ketika mencoret Ervin sebagai kader Gerindra yang telah berjuang menaikan suara partai di Pemilu 2019. Ia menyebut bahwa perjuangan Mulan Jameela sangat kecil untuk menaikan sura Gerindra di Pemilu 2019.

"Mulan itu terkenal karena artisnya saja. Kalau kang Ervin berjuang datang ke warga sehingga mendapatkan suara yang maksimal, baik untuk dirinya maupun untuk Gerindra-nya. Tapi malah seperti ini jadinya. Saya berharap kang Ervin jangan diam. Harus melawan," tegasnya.

Azis mengaku jika kemudian DPP Gerindra tidak mengubah keputusan yang telah dikeluarkan, di Pemilu yang akan datang ia bersama masyarakat berjanji tidak akan loyal kepada Gerindra. "Untuk apa loyal kepada partai yang sudah zalim kepada kader yang telah mengangkat partainya. Ini kezaliman demokrasi yang hakiki," katanya.

Pendukung Ervin lainnya asal Kecamatan Samarang, Jalal (35) mengaku kaget ketika mengetahui caleg yang menjadi pilihannya gagal masuk ke Senayan dan digantikan Mulan Jameela. Ia pun marah karena selama Pemilu 2019 ia turun langsung ke warga untuk bisa memenangkan Ervin dan Gerindra.

"Seakan perjuangan saya untuk kang Ervin dan Gerindra ini menjadi sia-sia. Kalau tahu akan seperti ini, kemarin pas Pemilu tidak akan jor-joran berjuang untuk Gerindra. Saya sakit hati dan sangat kecewa," ungkapnya.

Jalal menyebut bahwa dia di Pemilu yang akan datang tidak akan kembali memilih Gerindra sebagai partai yang akan didukungnya. Namun meski demikian, ia berharap agar Ervin bisa melakukan perlawanan kepada DPP Gerindra dan menempuh jalur yang semestinya.

"Setidaknya kang Ervin harus menunjukan keseriusan. Kalau hasilnya tetap begitu, saya minta kang Ervin pindah partai saja," katanya.

Sebagaimana diketahui, pada 11 September 2019 lalu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra mengeluarkan surat pemberhentian keanggotaan kader Gerindra terhadap Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang saat Pemilu 2019 bertarung di Pemilihan Legislatif DPR RI Dapil XI.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat dari DPP Gerindra dengan Nomor 023A/BHA-DPPGERINDRA/IX/2019 terkait penjelasan kedua soal langkah administrasi pelaksanaan putusan pengadilan negeri Jakarta Selatan Nomor 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel dan Keputusan DPP Gerindra No 004A/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 tentang pemberhentian keanggotaan sebagai langkah administrasi pelaksanaan putusan Nomor 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel serta putusan DPP Gerindra No 004B/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019.

Dalam surat tersebut menegaskan bahwa Calon Anggota DPR Daerah Pemilihan Jabar XI atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon terpilih Anggota DPR, setelah keduanya diberhentikan sebagai anggota Partai Politik Gerindra.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengeluarkan surat dengan nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada tanggal 16 September 2019 tentang perubahan keputusan KPU Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 mengenai Penetapan Calon terpilih anggota DPR RI pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Ervin memeroleh suara terbanyak ketiga dengan raihan 33.938 suara dan dinyatakan lolos untuk menempati kursi legislatif DPR Dapil XI dari Partai Gerindra. Dengan adanya putusan tersebut, dia harus digantikan oleh artis ibu kota asal Garut yakni Mulan Jameela yang memeroleh 24.192 suara.

Istri musisi Ahmad Dhani itu maju sebagai caleg di Dapil yang sama dengan Ervin pada Pemilu 2019 lalu dengan raihan 24.192 suara atau urutan kelima di Gerindra Dapil XI untuk daerah Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya.

Baca juga:
Caleg Gerindra Digantikan Mulan Jameela Cs Ancam Gugat KPU dan Partai
Gantikan Dua Koleganya, Mulan Jameela Ditetapkan Sebagai Anggota DPR
Jokowi Minta Pengesahan RKUHP Ditunda, Gerindra Klaim Lebih Dulu Menolak
Gerindra Rombak Komposisi Kader di Pansus Pemindahan Ibu Kota
Anggota Komisi VIII DPR Pesimis RUU PKS Disahkan Tahun Ini
Gerindra Akui Pernah Melobi Gibran untuk Pilkada Solo 2020

(mdk/cob)