N, Terduga Teroris di Padang Bagian Jaringan JAD dan Mujahidin Indonesia Timur

PERISTIWA | 23 Juli 2019 13:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Densus 88 menangkap terduga teroris N (39) di Padang, Sumbar, pada Kamis (18/7). Hasil pemeriksaan, N berafiliasi dengan Jamaah Anshar Daulah (JAD) baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"N juga memiliki koneksi ke Mujahidin Indonesia Timur," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, dalam konferensi pers di Kantor Divhumas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/7).

N terpantau sering terafiliasi jaringan JAD Sibolga, Lampung, dan Bekasi. Pengakuan N, dirinya dikendalikan seseorang atas nama Syfullah alias Daniel alias Chaniago. Syfullah, kata Dedi, sudah ditetapkan sebagai DPO oleh pihak kepolisian.

Polisi menduga Syfullah saat ini berada di sebuah wilayah yang dikenal dengan Khurasan. Area yang berada di irisan antara Iran, Uzbekistan, dan juga Afghanistan.

Dedi menjelaskan, kenapa Syfullah berada di Khurasan. Menurutnya, pascaruntuhnya kekuasaan organisasi teroris ISIS di Iraq dan Suriah, beberapa anggota ISIS bergeser ke beberapa wilayah di sekitar sana. Salah satu wilayah yang potensial ialah Khurasan.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka memilih daerah itu. Kata Dedi, daerah Khurasan merupakan wilayah abu-abu tanpa kontrol dari otoritas pemerintah.

"Ini daerah abu-abu. Daerah perbatasan yang tidak bisa dikontrol oleh pemerintah. Oleh karenanya mereka kuat di situ," jelas Dedi.

Dalam penangkapan tersebut, pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 28 item. "Ada laptop, kemudian ada 7 unit handphone, ada 6 SIM card, beberapa dokumen pribadi, kemudian buku jihad, kemudian ada sejumlah uang tunai Rp1,5 juta, beberapa buku tabungan, kemudian beberapa gulung kawat dan sebagainya," ungkap Dedi.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Keluarga Kaget Penjual Garam di Padang Ditangkap Densus 88
Polda Sumbar Benarkan Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Padang
Densus 88 Geledah Rumah di Berok Nipah Padang, Sejumlah Barang Elektronik Disita
Kepala BNPT Ingatkan Caleg Terpilih Cegah Paham Radikal Berkembang
Arab Saudi Tahan Seribu Lebih Warga Asing Terkait Dugaan Terorisme
Pakistan Tangkap Tokoh Dalang Teror Mumbai
Polri Sebut Jamaah Islamiyah Punya Media Sendiri untuk Propaganda

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.