Nahas, Hendak Wisata ke Ibu Kota, Bus Rombongan SMA dari Banyuwangi Terguling

PERISTIWA » BANYUWANGI | 20 Oktober 2019 23:03 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Rencana wisata ke ibu kota yang dilakukan rombongan SMAN 2 Genteng, Banyuwangi, berbuah duka. Bus yang mengangkut rombongan siswa dan guru pendamping, terguling dan masuk ke areal persawahan pada Minggu (20/10) dini hari. Beruntung tidak ada korban jiwa. Sebanyak 20 penumpang mengalami luka berat dan ringan sehingga harus dirawat ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Haryoto Lumajang.

"Murni kecelakaan tunggal yang terjadi di Desa Sukosari, Kecamatan Jatiroto. Kejadiannya pada Minggu sekitar pukul 02.00 wib yang mengakibatkan sebanyak 20 orang luka dari total 46 penumpang bus pariwisata," ujar Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri saat dikonfirmasi.

Bus pariwisata dengan Nopol H 7735 UA tersebut yang membawa rombongan SMAN 2 Genteng, Banyuwangi berangkat dari Banyuwangi pada Sabtu sore. Mereka hendak menuju ke Jakarta untuk melaksanakan study tour. Naas ketika sampai di areal persawahan yang ada di Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto, bus tersebut mengalami slip pada ban sehingga masuk parit. Hal ini terjadi saat bus akan menyalip sebuah truk. Bus pun langsung terguling dan menyebabkan sebanyak 20 orang penumpang mengalami luka ringan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengimbau kepada para pengendara agar lebih berhati-hati, utamanya saat mengendarai kendaraan saat malam hari.

"Saya mengimbau kepada sopir kendaraan bermotor agar lebih berhati-hati dalam berkendara. Silakan menepi dahulu dan mencari tempat yang luas untuk sekedar beristirahat jika dirasa mulai mengantuk. Jangan memaksakan untuk tetap berkendara jika sudah mulai mengantuk, karena dapat membahayakan nyawa sendiri dan juga nyawa orang lain," ujar Arsal.

Sejauh ini belum dipastikan, apakah rombongan studi tour akan tetap melanjutkan perjalanan ke Jakarta atau kembali ke Banyuwangi.

"Ya Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Para korban hanya luka-luka ringan. Semua korban adalah rombongan SMAN 2 Genteng Banyuwangi yang akan studi tour ke Jakarta," kata Arsal.

Baca juga:
Bus Roboh di Tikungan, Enam Penumpang Meninggal Dunia
Tewaskan 6 Orang, Sopir Bus PMTOH Terguling di Riau Jadi Tersangka
Pemotor Tewas Tergencet Bus Terguling di Madiun
Bus Angkut Siswa SD Terguling di Ngawi, 6 Penumpang Luka-Luka
Bus Tabrak Mobil Pikap di Jalan Raya Parung-Ciputat, Dua Orang Tewas
Identitas 7 Korban Kecelakaan Bus Primajasa Tabrak Elf di Tol Cikamuning

(mdk/rhm)