Naik Kapal Pinisi, Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo

PERISTIWA | 19 Januari 2020 21:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan menikmati momen matahari terbenam atau sunset. Jokowi menyaksikan sunset di Pantai Labuan Bajo dari geladak Kapal Pinisi Felicia, Minggu (19/1/2020).

Berdasarkan informasi dari Sekretariat Presiden, Jokowi menaiki kapal pinisi dari dermaga hotel tempatnya menginap sekitar pukul 17.50 WITA atau bertepatan dengan waktu matahari terbenam. Kurang lebih 45 menit Jokowi yang didampingi Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara berlayar di kapal pinisi itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin melihat-lihat destinasi wisata lainnya di Labuan Bajo, selain Taman Nasional Komodo yang selalu dikunjungi wisatawan mancanegara. Dia pun mengagumi keindahan alam yang dimiliki Labuan Bajo.

Menurut dia, pesona Labuan Bajo sebagai kawasan wisata bahari sudah lengkap. Buka hanya mempunyai tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam, tetapi juga memiliki pantai berpasir putih dan laut yang indah untuk berenang dan menyelam

"Tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas," kata Jokowi dikutip dari akun instagram pribadinya @jokowi, Minggu (19/1/2020).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, Jokowi tak hanya menaiki kapal Pinisi saja. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga ingin melihat langsung kesiapan kapal-kapal tersebut menyambut wisatawan.

Selain itu, Presiden juga melihat kesiapan para anak buah kapal (ABK), kebersihan di kapal, dan keramahan para ABK di kapal tersebut.

"Presiden juga menilai kesiapan faktor keamanan dan keselamatan, seperti ketersediaan pelampung, radio komunikasi di kapal, dan peralatan lainnya," ucap Heru.

Mantan Walikota Solo itu turut melihat spot-spot di kapal yang menarik untuk diabadikan oleh wisatawan dengan latar belakang laut dan kepulauan di Labuan Bajo. Jokowi pun mencoba spot itu.

"Sekarang kan zamannya harus _instragamable_, jadi Presiden juga mencoba spot-spot itu," ujar Heru.

Sebagai informasi, kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo guna meninjau proyek pembangunan terminal _multipurpose_ Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin. Tak hanya itu, dia dijadwalkan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN. (mdk/ded)

Baca juga:
Jokowi sebut Labuan Bajo akan jadi Destinasi Wisata Super Premium
Bertolak ke Labuan Bajo, Jokowi Tinjau Pembangunan Infrastruktur Transportasi
Presiden Jokowi Beberkan Syarat jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru
5 Fakta di Balik Pembatasan Subsidi Elpiji 3 Kg, Siap-siap Harga Naik Tengah Tahun
Jokowi Tak Akan 'Kampanyekan' Gibran dan Bobby Nasution di Pilkada 2020

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.