Narkoba Diseludupkan dengan Cara Dilempar dari Luar ke Dalam Lapas Semarang

Narkoba Diseludupkan dengan Cara Dilempar dari Luar ke Dalam Lapas Semarang
Ilustrasi Narkoba. Pixabay ©2020 Merdeka.com
NEWS | 8 Oktober 2021 23:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Lapas Kelas IA Semarang terus menyelidiki keterlibatan petugas terkait penyelundupan narkoba di Lapas Semarang dengan cara dilempar dari luar. Hasil penyelidikan sementara ini pil koplo maupun sabu dilemparkan oleh seseorang lewat kebun milik warga.

"Kita tidak tahu siapa yang sering melempar narkoba ke tembok. Ada dugaan dilakukan oleh orang-orang dengan manjat pohon belakang lapas, narkobanya dilemparkan lewat situ," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Semarang Suparno, Jumat (8/10)

Sedangkan untuk antisipasi peredaran narkoba antarnarapidana, petugas sipir dikerahkan untuk menggeledah semua kamar yang dihuni narapidana.

"Kita geledah secara acak, satu kamar narapidana digeledah sekitar lima sampai enam petugas. Tujuannya untuk melacak peredaran narkoba di blok sel tahanan," ungkapnya.

Sementara itu Kalapas Semarang Supriyanto mengatakan puluhan kamera pengintai CCTV dipasang di setiap sudut area tembok beranggang Lapas Kelas IA Semarang. Pemasangan CCTV untuk mengantisipasi penyelundupan sabu yang dilempar dari luar Lapas.

"Totalnya 54 CCTV untuk meningkatkan kontrol secara berkala. Secara bertahap akan lengkapi CCTV pada tembok belakang lapas yang bersampingan dengan lahan kosong warga sekitar," kata Supriyanto. (mdk/eko)

Baca juga:
Petugas Lapas Garut Gagalkan Penyelundupan Sabu Dimasukkan ke Dalam Tulang
279 Kg Ganja Asal Medan Hendak Diselundupkan ke Jakarta, 3 Pelaku Ditangkap Polisi
195 Pil Koplo Berusaha Diselundupkan ke Lapas Semarang dengan Cara Dilempar
Pelemparan Narkotika dari Luar Tembok Penjara Makin Marak
Orang Tak Dikenal Kirim Roti untuk Napi Lapas I Surabaya, Ternyata Isinya Sabu-Sabu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami