Nasib Tiga Muncikari Vanessa Angel Diputuskan Hari Ini

PERISTIWA | 29 Mei 2019 12:30 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sidang kasus prostitusi online artis, Vanessa Angel, yang menjerat tiga muncikari memasuki babak akhir. Rencananya, hari ini hakim bakal menjatuhkan vonis pada ketiga muncikari tersebut.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Richard Marpaung, membenarkan agenda sidang hari ini mendengarkan vonis.

Ia menyatakan, sesuai dengan agenda sidang yang diterima oleh jaksa penuntut umum, ketiga muncikari Vanessa tersebut bakal menghadapi vonis hakim di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Tuntutan dan pembelaan kan sudah, tinggal vonis saja siang ini," ujarnya, Rabu (29/5).

Dikonfirmasi mengenai agenda sidang Vanessa Angel yang juga digelar hari ini, Richard mengatakan jika Vanessa masih mengajukan saksi. "Dia (Vanessa) masih saksi," tambahnya.

Sebelumnya, dalam pledoi atau pembelaan masing-masing terdakwa antara lain, muncikari Tentri Novanta dan Intan Permatasari Winindya alias Nindy serta Endang Suhartini alias Siska, mengajukan keberatannya terkait dengan tuntutan jaksa.

Dalam tuntutannya, jaksa memohon pada hakim agar menjatuhkan pidana selama 7 bulan penjara, denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Kuasa hukum muncikari Tentri, Yavet Kurniawan mengatakan, jika kliennya harus bebas karena merasa kasus ini sarat dengan jebakan.

"Banyak kejanggalan dalam kasus ini. Untuk itu, seharusnya klien kami bebas nantinya. Apalagi, menurut asas legalitas, kalau tidak ada perbuatan pidananya, maka harus bebas," tegasnya, Selasa (28/5).

Hal senada disampaikan oleh kuasa hukum muncikari Nindy, Gaos Hadiman. Ia menyatakan, kliennya juga harusnya divonis bebas oleh hakim. Sebab, dalam kasus ini, selain sarat dengan rekayasa, kliennya juga dianggap tidak terkait langsung dengan terdakwa lainnya.

Sementara itu, kuasa hukum muncikari Siska, Putu Dana juga mengharapkan sang klien akan divonis bebas nantinya oleh hakim.

Dalam kasus ini, 3 muncikari Vanessa Angel, Tentri Novanta, Intan Permatasari Winindya alias Nindy dan Endang Suhartini alias Siska dianggap terbukti bersalah dan melanggar pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 1 UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Baca juga:
Menyusul Dua Rekannya, Satu Muncikari Vanessa Angel Juga Dituntut 7 Bulan Penjara
Dua Muncikari Vanessa Angel Dituntut Tujuh Bulan Penjara
Sidang Lanjutan, Tiga Muncikari Vanessa Angel Hadapi Tuntutan Jaksa
Artis Feby Febiola jadi Saksi Meringankan Vanessa Angel
Vanessa Angel Tulis Surat untuk Nicky Tirta, Isi nya Menyedihkan
Ini Pendapat Ahli ITE usai Ditunjukkan Foto Syur Vanessa Angel
Vanessa Angel: Hati Saya Semakin Hari Semakin Kecil

(mdk/lia)