Natal dan Tahun Baru Lalin di Perlintasan KA Purwosari Dialihkan Cegah Kemacetan

PERISTIWA | 10 Desember 2019 18:24 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kakorlantas Polri Irjen Istiono memantau beberapa titik di jalan trans Jawa. Salah satu jalur dipantau yakni kawasan Solo, Jawa Tengah.

"Sekarang kita berada di Solo, tepatnya di perlintasan kereta api di Purwosari. Ini perlintasan kereta api, sehari dilewati 136 kali per hari," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (10/12).

Menurut dia, di titik tersebut diprediksi akan terjadi kemacetan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan saat Natal dan Tahun Baru pun akan diberlakukan di perlintasan tersebut.

"Potensi antrean panjang akan terjadi di sini pada puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru. Langkah-langkah dilakukan Polresta Solo melakukan langkah antisipasi bagaimana mengatur lalu lintas supaya antrean ini dikelola dengan baik," ujar dia.

Dia mengatakan, anggota Polri bakal mengatur waktu dan jalur dilalui kendaraan di lintasan tersebut. Menurut dia, pengalihan arus lalu lintas apabila antrean panjang karena kepadatan diprediksi bakal sampai koordinat antar perempatan.

"Kalau begitu arus akan diputar dulu, bila tidak maka akan menyambung ke ruas jalan lainnya. Polres harus sigap titik perempatan dan pertigaan yang menyambung di area ini akan dilakukan rekayasa," ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan rencananya bakal dibangun flyover di perlintasan tersebut guna mencegah kemacetan.

"Solusi ke depan adalah flyover dan baru dibangun tahun depan bulan Januari mulai konstruksi. 160 ribu personel se-Indonesia mengelola sini," tandasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Korlantas Polri Pastikan Jalur Tol Trans Jawa Siap Digunakan saat Natal-Tahun Baru
Retrospeksi Road Safety: Kepedulian kepada Korban Kecelakaan Kendaraan Bermotor
Sempat Dijebol Pengendara, U-Turn Kolong Fly Over Satrio Kini Dijaga Petugas
Dishub DKI Uji Coba Penutupan U-Turn Jalan Dr Satrio Selama Seminggu
U-Turn Bawah Fly Over Satrio Ditutup, Pengendara Berputar di Depan City Walk
Polisi akan Segera Tambah 57 E-TLE di Seluruh Ruas Jalan di Jakarta
Kesal Macet, Pengendara Motor Jebol Penutup Putaran di Kolong Fly Over Satrio

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.