Nestapa Wisatawan Terjebak Macet Hingga Gagal Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan

PERISTIWA | 23 September 2019 19:28 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Wisata Negeri di atas awan di Gunung Luhur, Citorek, Kabupaten Lebak, Banten mendadak diserbu puluhan ribu pengunjung usai viral di media sosial, Minggu (22/9) kemarin.

Kondisi ini menyebabkan kemacetan hingga 7 kilometer sehingga para pengunjung yang berangkat malam tidur dan beristirahat di perjalanan. Nahasnya lagi, mereka yang sudah sampai di dekat lokasi pun gagal menikmati hamparan keindahan awan lantaran penuh dan berdesak-desakan.

Salah satu wisatawan yang terpaksa gigit jari tidak bisa menikmati pemandangan keindahan Gunung Luhur Citorek adalah wisatawan asal Serang, Tusnedi. Padahal, dia mengaku telah berangkat dini hari untuk menikmati wisata alam yang sedang hits tersebut.

"Jam 5 pagi para pengunjung berebut naik ke bukit agar mendapat pemandangan seperti yang di tv-tv. Banyak yang nekat melalui jalur pintasan yang berbahaya. Kondisi sangat padat. Enggak kurang dari 10 ribu orang. Saya sendiri enggak bisa naik ke atas karena penuh dan berdesak-desakan," kata Tusnedi saat dihubungi wartawan, Senin (23/9).

Menurutnya, suasana dan gambaran di wisata awan Gunung Luhur bagus dan indah seperti gambar yang viral di medsos. Sayangnya, keindahan alam tersebut tidak dibarengi dengan kesiapan dan pengelolaan yang baik dari pemerintah daerah.

"Pukul 07.00 WIB, kendaraan roda 2 dan para pengunjung mulai turun dan bersiap untuk pulang. Tapi ketika ngeliat kendaraan di parkiran sudah stag. Kondisinya 2 jalur sudah dipadati oleh kendaraan yang datang. Sehingga motor pun enggak bisa bergerak," kata dia.

Kendaraan baru bisa jalan pukul 11.00 WIB setelah alat berat membuka jalur parkiran baru agar kendaraan yang menghalangi masuk ke area wisata bisa bergerak.

"Itu pun perkebunan warga yang diubah jadi lahan parkir dadakan," katanya.

Baca juga:
Habis Viral, Gunung Luhur Mendadak Kebanjiran Wisatawan
Sungai Rindu dan Kemandirian Wisata Warga Bekasi
Mengintip Panorama Kawah Gunung Api Aktif di Lembata NTT yang Instagramable
Jokowi Soal Penataan Pariwisata Bunaken: Biar Orang Datang Langsung Bilang WOW!
Amphitheatre Geopark Ciletuh Diakselerasi Rampung Sebelum Evaluasi Unesco
Dari Ngamplang Julukan 'Swiss Van Java' Untuk Garut Lahir
Upaya Hidupkan Lagi Geliat Wisata di Lombok Usai Gempa Dahsyat

(mdk/gil)