New Normal akan Diterapkan, Airlangga Sebut Ada Perubahan Pelatihan Kartu Prakerja

New Normal akan Diterapkan, Airlangga Sebut Ada Perubahan Pelatihan Kartu Prakerja
PERISTIWA | 31 Mei 2020 22:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV masih dalam pembahasan. Dia meminta, masyarakat bersabar lantaran Kartu Prakerja akan menyesuaikan dengan pola new normal yang akan diterapkan.

"Masyarakat harap bersabar karena Program Kartu Prakerja khususnya gelombang ke empat tetap akan dilaksanakan. Ada beberapa pertimbangan guna memaksimalkan program tersebut, antara lain menyesuaikan dengan new normal yang akan dijalani masyarakat ke depan, serta mengombinasikan pelatihan offline," kata Airlangga di Jakarta, Minggu (31/5).

Dia menuturkan, saat kebijakan work from home diterapkan, maka program Kartu Prakerja diterapkan secara daring. Namun dengan adanya perkembangan new normal maka pemerintah tengah mengkaji pelatihan secara tatap muka.

"Awalnya karena ada pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja kita lakukan secara online. Tapi, dengan adanya new normal kita juga harus menyesuaikan pola pelatihannya apakah bisa dilakukan secara offline," ungkap Airlangga.

Airlangga menyatakan, risiko penyebaran virus Covid-19 masih mengancam sampai ditemukannya vaksin. Sehingga pemerintah dan penyelenggara Kartu Prakerja tetap harus sangat berhati-hati dalam pelaksanaannya, dan mementingkan keselamatan masyarakat.

"Tidak semua daerah bisa melakukan pelatihan secara offline karena kita akan kaji kembali daerah-daerah mana saja yang bisa melakukannya namun tetap menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan. Sedangkan jika ada daerah yang potensi penyebaran virus masih besar maka akan tetap dilakukan secara online," kata ketua umum DPP Partai Golkar itu.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Nurul Arifin Dorong Pekerja Migran Terdampak Corona Ikut Kartu Prakerja
Golkar: Kartu Prakerja Bukan Buat Orang Malas Berharap Belas Kasihan
Kartu Prakerja Dinilai Bisa Jadi Solusi Atasi Dampak Pandemi
Pemerintah Klaim 75 Persen Peserta Kartu Prakerja Cocok dengan Jenis Pelatihan
KPK Sedang Dalami Program Kartu Prakerja
PPP Khawatir Pelatihan Online Prakerja Jadi Kasus Hukum Usai Jokowi Pensiun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5