Ngobrol dengan korban gempa Lombok di pengungsian, Jokowi janjikan renovasi rumah

PERISTIWA | 13 Agustus 2018 21:56 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan korban gempa di Kecamatan Pamenang, Kabipaten Lombok Utara, Senin (13/8).

Saat tiba di lokasi, Jokowi langsung bergegas menuju lapangan Kantor Bupati Lombok Utara untuk mendengarkan pemaparan penanganan bencana dari Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Kemudian Jokowi meninjau dapur umum, posko pengungsian, ruang gembira anak-anak, dan rumah sakit lapangan yang merawat setidaknya 26 korban bencana gempa.

Usai meninjau, Jokowi beserta rombongan beranjak ke titik peninjauan berikutnya di Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga,

Di tempat itu, Jokowi sempat berdialog dengan sejumlah pengungsi mengenai bantuan apa yang paling dibutuhkan dari pemerintah pusat. Jokowi pun berjanji akan membantu perbaikan sejumlah tempat tinggal yang rusak akibat gempat.

"Nanti gotong royong dan dibantu pemerintah. Yang rusak berat Rp 50 juta, yang rusak sedang Rp 25 juta," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dalam tahap rekonstruksi, rumah warga yang roboh akan dibangun kembali dengan bantuan pemerintah daerah dan TNI serta dibimbing Kementerian PUPR karena akan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), sebagai solusi rekonstruksi rumah yang tahan gempa.

"Didampingi TNI dan konstruksi dari Kementerian PU. Namanya konstruksi RISHA, Rumah Instan Sederhana Sehat, dan tahan gempa," ujar Jokowi.

Peninjauan penanganan bagi para pengungsi dan rumah warga yang roboh kemudian dilanjutkan di Dusun Karangkates, Desa Gondang, Kecamatan Gangga. Di lokasi peninjauan terakhir tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sempat berdialog dengan warga, menghibur anak-anak di tenda pengungsian, dan melaksanakan ibadah salat Maghrib berjemaah bersama warga setempat.

Reporter: Hanz Jimenez Salim

Sumber: Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
436 Orang meninggal akibat gempa NTB
Huawei bantu pemulihan jaringan operator pasca gempa NTB
37 Mobil dikerahkan angkut bantuan korban gempa Lombok berangkat dari Bali
Pemerintah didesak bentuk badan rekonstruksi Lombok usai diguncang gempa
Menristek Dikti minta kampus permudah biaya kuliah mahasiswa korban gempa
Mendikbud: Pelajaran gempa bumi untuk daerah yang berpotensi gempa
Pasca gempa NTB, Telkom berikan layanan komunikasi gratis

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.