Nomor WhatsApp Anggota DPRD Solo Dibajak, 2 Korban Tertipu Rp 3 Juta

Nomor WhatsApp Anggota DPRD Solo Dibajak, 2 Korban Tertipu Rp 3 Juta
PERISTIWA | 2 September 2020 18:27 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Aksi peretasan atau pembajakan nomor WhatsApp juga terjadi di Solo. Setelah Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kali ini yang menjadi korban adalah anggota DPRD Fraksi PDIP Kota Solo Siti Muslikah. Peretas memanfaatkan nomor Whatsapp Siti untuk melakukan pemerasan terhadap dua rekannya.

Perempuan yang akrab disapa Ika itu mengatakan, masing-masing korban mengirim Rp 3 juta ke rekening yang telah dikirim oleh peretas. Pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Surakarta. Ika juga harus mengembalikan uang dua rekannya yang menjadi korban.

"Sabtu malam kemarin itu, ada nomor tak dikenal yang meminta screenshot pesan. Karena saat itu saya sedang tidak konsentrasi, saya kirim. Ternyata itu dapat digunakan untuk masuk ke Whatsapp saya. Saya belum sadar saat itu," ujar Ika, Rabu (2/9).

Anggota dewan Dapil Laweyan itu baru tersadar saat salah seorang staf dewan menghubunginya lalu meminta konfirmasi terkait pesan permintaan sejumlah uang. Staf DPRD itu pula yang memberi pengertian jika WhatsApp miliknya telah dibajak orang.

Atas kejadian tersebut, ia kemudian meminta semua grup diberitahu jika nomor WhatsApp miliknya telah dibajak.

"Saat itu banyak yang telepon ke saya, mereka rata-rata tidak percaya. Tapi ada dua yang akhirnya transfer uang, masing-masing Rp 3 juta," terangnya.

Baca Selanjutnya: Salah satu korban adalah rekannya...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami