ODP Corona di Papua Turun Drastis

ODP Corona di Papua Turun Drastis
PERISTIWA | 7 April 2020 10:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Satgas Covid-19 Papua mengumumkan terjadi penurunan orang dalam pemantauan (ODP) di tanah Bumi Cenderawasih. Penurunan ODP terjadi hingga 2.354 orang.

Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menyebutkan jumlah ODP saat ini 3.498 orang. Pihaknya berharap ODP yang sudah dikeluarkan dari daftar tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

"Penurunan ini karena ribuan ODP sudah melewati masa karantina mandiri selama 14 hari dan tetap dalam keadaan sehat. Kami berharap ODP yang dicoret itu tetap melaporkan kesehatannya jika ada gejala corona Covid-19," jelasnya, Senin (6/4).

Sedangkan untuk perkembangan pasien positif Covid-19 di Papua jumlahnya sama dengan sebelumnya yakni 26 orang, dengan pasien dalam pengawasan (PDP) 45 orang.

"Dari pasien yang dirawat, 3 orang menggunakan alat bantuan pernapasan yakni 2 orang di Kota Jayapura dan 1 orang di Timika. Sedangkan sisa pasien positif Covid-19 lainnya dalam perawatan kondisi sakit sedang," ujarnya.

Sumule menyebutkan esok hari ada sejumlah penerbangan yang sudah disewa oleh Satgas Covid-19 Papua untuk menopang alat kesehatan dan APD untuk para medis yang ada di daerah Animha atau daerah selatan Papua.

"Kami juga baru mendapatkan tambahan 725 rapid test dan ini kami dapatkan sangat sulit sekali. Kami mohon kepada lembaga non kesehatan, tolong tidak menumpuk rapid test dan lebih baik serahkan kepada kami, sebab ada tenaga kesehatan yang sudah terlatih," tutupnya.

Reporter: Katharina Janur
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Imbas Virus Corona, Lokalisasi 'Gang Sadar' di Baturraden Tutup
Pemkab Boyolali Sulap Rusunawa Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19
Meski Mengaku Rugi Besar, Organda Dukung PSBB di Jakarta
DPR Minta Doni Monardo Dorong Pengadaan Kebutuhan Penanganan Covid-19 Lebih Cepat
4 Perbedaan PSBB dengan Karantina Wilayah yang Perlu Diketahui
SE Terbit, Pemerintah Resmi Larang PNS dan Keluarga Mudik Lebaran 2020
Satu Pelajar WNI di Turki Positif Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5