Ogah Ambil Risiko, Agen Travel di Solo Tutup Paket Wisata untuk WN China

PERISTIWA | 28 Januari 2020 23:03 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Salah satu agen perjalanan di Solo, PT Cahaya Matahari Rembulan menuturkan masih ada ratusan turis asal Kunming China yang berkunjung ke Solo. Mereka datang dengan pesawat Citilink sejak Kamis (23/1) lalu.

"Jadi mereka berangkat sebelum penerbangan dari Adi Soemarmo ditutup. Ini adalah rombongan terakhir," jelas Direktur PT Cahaya Matahari Rembulan, Pupun Pantiana Gunmantono kepada wartawan, Selasa (28/1).

Menurut dia, sebanyak 174 turis asal China akan dipulangkan ke Kunming Rabu (29/1) malam. Setelah pemulangan itu, dia akan menutup sementara paket wisata tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

"Besok malam mereka kita pulangkan lewat Bandara Adi Soemarmo. Setelah itu kita ikut tutup dulu, kita tidak mau ambil risiko juga," katanya.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Danardewi menyampaikan, seluruh turis China tersebut masuk ke Solo sudah melalui pengecekan thermo scanner. Mereka tiba sebelum rute Solo-China ditutup.

"Mereka sudah dicek menggunakan thermo scanner dan tidak ada yang terdeteksi virus corona. Besok malam mereka kembali ke Kunming," pungkas Danardewi.

Merebaknya virus Corona di Wuhan, China belum berdampak pada kunjungan wisata ke Solo. Pernyataan tersebut dikemukakan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solo, Budi Sartono.

"Belum, belum berpengaruh ke kunjungan wisata, belum kelihatan. Dengan adanya virus Corona ini mestinya pemerintah antisipasi," ujarnya.

Terkait penutupan rute Solo-Kunming China pihaknya tidak mengetahuinya. Penerbangan tersebut hanya menggunakan pesawat carter yang diinisiasi oleh biro perjalanan.

Pemkot Solo, lanjut Budi menargetkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2020 mencapai 5,5 juta orang. Jumlah tersebut naik dari tahun 2019 yang mencapai 5 juta orang. (mdk/cob)

Baca juga:
Geger Virus Corona, Lion Air Batalkan & Setop Bertahap Rute Penerbangan Tujuan China
Beredar Spekulasi Virus Corona Berasal dari Laboratorium Senjata Biologis China
Virus Corona Merebak, Imigrasi Belum Tolak WNA Masuk Indonesia
Menko Airlangga Sebut Harga BBM Bisa Turun Sebagai Dampak Wabah Virus Corona
Cegah Virus Corona, Gubernur Olly Dondokambey Tunda Sementara Penerbangan dari China
Waspada Virus Corona, Anggota DPR Usul Kebijakan Bebas Visa Bagi WN China Dicabut

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.