Ombudsman Terima 1.346 Pengaduan Masyarakat Terkait Bansos

Ombudsman Terima 1.346 Pengaduan Masyarakat Terkait Bansos
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 17:44 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Ombudsman Republik Indonesia menerima 1.346 pengaduan dari masyarakat terkait bantuan sosial (bansos) yang disalurkan baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

"Kalau diperhatikan secara berurutan, paling banyak laporan yang masuk itu secara beruntun paling banyak pengaduan bantuan sosial. Selanjutnya layanan kesehatan, keuangan, keamanan dan transportasi," kata Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai dalam acara ngopi bareng Ombudsman secara virtual, Rabu (5/8).

Rinciannya, pengaduan terbanyak pada sektor bansos sebanyak 1.346, ekonomi keuangan 176, transportasi 52, pelayanan kesehatan 39 dan paling rendah keamanan hanya 8.

Jika melihat tren perkembangan per bulan, puncak pengaduan masyarakat terjadi pada Mei 2020 yakni sebanyak 978 laporan. Namun, di bulan Juni menurun mencapai 582 hingga pada Juli hanya 21 pengaduan yang diterima Ombudsman melalui posko.

"Nah itu juga yang menjadi pertimbangan kita untuk menutup pengaduan secara daring, namun untuk pengaduan reguler tetap dibuka dan masyarakat bisa mengadukan hal itu sesuai dengan mekanisme reguler," jelasnya.

Dari ribuan pengaduan masuk, Dinas Sosial (Dinsos) merupakan instansi yang paling banyak dilaporkan masyarakat terutama terkait bansos.

Baca Selanjutnya: Berdasarkan pengaduan masuk tersebut sekitar...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami