Operasi Patuh Singgalang, Polda Sumbar Bubarkan 183 Kerumunan

Operasi Patuh Singgalang, Polda Sumbar Bubarkan 183 Kerumunan
Ilustrasi. ©2017 merdeka.com/gede nadi jaya
NEWS | 8 Oktober 2021 13:15 Reporter : Ikhwan

Merdeka.com - Sepanjang operasi Patuh Singgalang 2021, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) telah membubarkan 183 kerumunan masyarakat. Operasi itu sendiri digelar dari 20 September hingga 3 Oktober 2021.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, selama dua pekan tersebut, polisi lebih mengedepankan peningkatan terhadap kedisiplinan masyarakat berlalu litnas, kemudian penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Pertama kita melakukan pembatasan mobilitas dan pengendali mobilitas (masyarakat). Hasilnya, ada 183 kerumunan yang kita bubarkan," kata Satake di Padang, Jumat (8/10).

Dia menjelaskan, pihaknya juga melakukan penindakan pelanggaran protokol kesehatan, seperti razia masker. "Untuk razia masker ada 193 kali kita lakukan, kemudian juga 521 orang dilakukan rapid test antigen, sedangkan untuk patrol berjumlah 12.788 kali," jelas Satake.

Dia mengatakan untuk pengendalian mobilitas ke Sumbar, pihaknya memeriksa 693 mobil angkutan barang. "Dari 693 itu, 91 kendaraan kita suruh putar balik. Ini data yang kita himpun dari jajaran Polres di bawah Polda Sumbar," bebernya.

Sementara itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tertib akan berlalu lintas, salah satunya dengan selalu membawa surat kendaraan.

"Mari kita tingkatkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas. Jaga keselamatan berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Polisi juga terus mengingatkan pentingnya prokes kepada masyarakat dan vaksinasi agar terhindar dari penyebaran Covid-19. (mdk/cob)

Baca juga:
44.003 Kendaraan Ditilang Polisi Selama Operasi Patuh Jaya, Terbanyak Motor
Pengendara Mobil Angkut Sepeda Tak Jadi Ditilang, Polantas yang Menindak Disanksi
Terjaring Razia, 30 Pemotor di Semarang Divaksinasi Covid-19
Propam Periksa Polantas Diduga Goda Pemotor Wanita saat Razia di Tangerang
Tak Ditilang, Pelanggar Lalu Lintas di Pidie Diminta Ikut Vaksinasi Covid-19
Polres Klaten Gelar Operasi Patuh Candi 2021, Sosialisasikan Aplikasi PeduliLindungi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami