OTT Pungli Dana PIP, Kepala Sekolah dan Guru SDN Cermee Bondowoso Diperiksa Polisi

PERISTIWA | 17 Oktober 2019 20:00 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Polisi terus mengembangkan kasus dugaan pungutan liar di SDN Jeruk Mas I Kecamatan Cermee, Bondowoso, Jawa Timur. Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan Tim Saber Pungli Polres Bondowoso beberapa waktu lalu.

"Kami masih mendalami dugaan pemotongan uang Program Indonesia Pintar (PIP). Dengan terduga yakni seorang Kepala Sekolah berinisial EP dan seorang guru berinisial S," ujar Ketua Tim (Katim) Penindakan Saber Pungli Polres Bondowoso, AKP Jamal saat dikonfirmasi, Kamis (17/10).

Kedua terduga pelaku tersebut diamankan saat sedang mencairkan uang di salah satu bank di Kecamatan Cermee, pada Kamis (03/10) lalu. Turut diamankan dalam OTT tersebut uang senilai Rp1.650.000 serta 14 buku tabungan.

"OTT itu berawal dari pengaduan dan informasi warga. Bahwa terdapat dugaan jumlah potongan sebanyak Rp150.000 dari bantuan Rp450.000 kepada setiap siswa," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bondowoso ini.

Kedua terduga pelaku berkilah bahwa pemotongan itu sudah berdasarkan kesukarelaan yang disepakati dengan komite sekolah.

"Hingga kini, kami belum melakukan penahanan. Kami masih terus mendalami dengan memeriksa beberapa saksi lagi, yakni para guru, orang tua siswa, dan pihak lainnya terkait masalah ini," ujar Jamal.

Meski sudah berlangsung hampir dua minggu, informasi atas OTT ini baru disampaikan polisi kemarin.

Baca juga:
Bongkar Dugaan Pungli SMPN 1 Cikampek, Petugas Amankan Uang Rp47 Juta
Tiga Pejabat Dishub Cianjur Kena OTT Saber Pungli
Pungli, 3 Pegawai BPKD Pematang Siantar Kena OTT
Pantau Narkoba dan Pungli, Lapas Surabaya Sediakan Ruang untuk Polisi dan BNN
Jadi Ketua Satgas Saber Pungli, Moechgiarto Fokus Pada Pencegahan
OTT Pungli Dana Bos di Langkat, Polisi Amankan 13 Kepsek SD dan 2 Pengurus K3S
Kerja Sama dengan Calon dan Tarif Paspor Dinaikkan, Petugas Imigrasi Diciduk

(mdk/gil)