Pabrik Mebel di Sukoharjo Ludes Terbakar, 8 Mobil Damkar Dikerahkan

PERISTIWA | 15 November 2018 17:31 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sebuah pabrik mebel kayu, PT Nagabuana Aneka Piranti II, di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (15/11) siang, ludes terbakar. Sedikitnya 8 mobil pemadam kebakaran (damkar) dari sejumlah wilayah didatangkan untuk memadamkan amukan si jago merah.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.45 Wib. Sejumlah warga melihat kepulan api dalam pabrik yang semakin membesar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Tadi anginnya sangat kencang, sehingga api makin membesar. Warga sudah membantu pemadaman dengan peralatan manual, tapi api tidak bisa padam," ujar Sutarno, warga Desa Telukan.

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono menyampaikan, petugas menerima laporan telah terjadi kebakaran sekitar pukul 12.45 WIB. Pihaknya segera mengirimkan 2 unit mobil damkar untuk memadamkan api. Namun karena api semakin membesar. Pihaknya menambah 6 unit damkar dari kota lain.

"Anginnya kencang, sehingga api semakin cepat membesar dan menyulitkan petugas. Kami datangkan 4 unit lagi dari Sukoharjo, 1 unit dari Solo, 1 unit dari Wonogiri, 2 unit dari Karanganyar dan dibantu pemadaman manual oleh relawan, masyarakat dan Muspika Grogol," jelasnya.

Dibutuhkan waktu dua jam untuk upaya pemadaman. Meski api akhirnya berhasil dikuasai, namun tiga ruang pabrik, ruang assembling, gudang dan ruang administrasi ludes terbakar. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum bisa diketahui, petugas masih melakukan penyelidikan.

"Sampai sekarang kita belum berani menyimpulkan apa yang menjadi penyebab kebakaran. Saat ini kita fokus pemadaman dan pendinginan, karena kalau tidak benar-benar sudah dingin, dengan angin kencang bisa memicu bara api," pungkas dia.

Baca juga:
Ruang Fitnes di Kementerian Pertahanan Terbakar, 14 Unit Damkar Diterjunkan
Padamkan Kebakaran Ruko Butik 3 Lantai di Surabaya, 1 Petugas Damkar Terluka
Wali Kota Janjikan Akhir Bulan Pedagang Pasar Legi Bisa Berjualan
Pria Paruh Baya di Pasar Rebo Meninggal Usai Rumahnya Dilalap Api
Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Pasar Legi Solo Karena Korsleting Listrik

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT