Padamkan Karhutla, Warga Balikpapan Meninggal Usai Dikepung Asap

PERISTIWA | 22 September 2019 12:04 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Lateno (60) meninggal dunia usai terkepung asap Karhutla di sekitar kawasan tinggalnya. Sebelumnya, warga Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur itu sempat pingsan di lokasi kejadian.

Peristiwa itu terjadi Sabtu (21/9) siang kemarin sekira pukul 13.30 Wita. Tim Damkar BPBD kota Balikpapan, bersama unsur lainnya tiba di lokasi dan bergegas memadamkan api.

"Yang terbakar lahan sekira ukuran 20x30 meter persegi, di tepi pantai. Masyarakat yang membakar itu," kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (22/9).

Di tengah kepungan asap dan di sela pemadaman bersama masyarakat, Lateno terlihat sesak napas di lokasi. Hingga akhirnya korban pingsan.

"Beberapa saat kemudian, ada tim kesehatan dari Puskesmas datang, melakukan pengecekan kesehatan. Dan warga itu dinyatakan meninggal di lokasi," jelas Suseno.

Dijelaskan Suseno, kota Balikpapan tergolong sering kejadian Karhutla. Namun tim gabungan Satgas Bencana Karhutla siaga dan sigap 24 jam bersama armada yang sudah disiapkan. Seperti yang tersebar di 6 UPTD BPBD di 8 pos yang didirikan.

"Kita usahakan, api baru kecil cepat kita padamkan, supaya tidak meluas. Kejadian (Karhutla) termasuk sering, tapi cepat kita tangani. Tapi kondisi lapangan terkendala akses, dan sumber air. Kami pun manfaatkan air di parit, sedot pakai pompa. Kota Balikpapan beda dengan kota lain, punya sungai yang bisa diandalkan," demikian Suseno.

Baca juga:
Akibat Asap, 3 Pesawat Tak Berani Landing di Bandara Sultan Syarif Kasim II
211 Titik Panas Terdeteksi di Riau
Kebakaran Gunung Slamet Meluas Sampai Kawasan Baturaden
Akibat Asap Pekat Karhutla Langit di Muaro Jambi Berwarna Oranye
VIDEO: Ular Berkaki Mati Terbakar di Hutan Riau
Kemenkominfo dan KLHK Bentuk Media Center Penanggulangan Karhutla
Perusahaan Terlibat Karhutla, Malaysia Ingin Buat UU Kualitas Lingkungan

(mdk/fik)