Pak Subagyo: Teman-teman saya sekarang jadi profesor di UGM

PERISTIWA | 16 Desember 2014 08:29 Reporter : Kresna

Merdeka.com - Kecerdasan Subagyo untuk urusan matematika sudah muncul sejak dia masih duduk di bangku SMP. Saat ujian matematika, dia mendapatkan nilai 9. Ini salah satu faktor yang membuat Subagyo merasa percaya diri membuat jasa penggarapan soal matematika SD, SMP dan SMA di sebelah selatan Kantor Pos Kotagede, Yogyakarta.

"Saya dulu juga nggak nyangka, saya SMP tahun 70-an, dapat nilai 9 untuk matematika, itu yang membuat saya juga percaya diri," katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (15/12).

Sebenarnya, lanjut dia, dirinya menyukai pelajaran bahasa Inggris. Namun karena nilai matematika yang tinggi, dia kemudian menjadi suka terhadap matematika. "Sejak itu saya tertarik dengan ilmu pasti," ujarnya.

Dari situ dia kemudian melanjutkan studinya ke Fakultas Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada. Semula dia ingin masuk ke jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), namun dia gagal dalam tes dan justru masuk ke Teknik Kimia.

"Saya nggak sampai selesai kuliahnya, kalau selesai tentu nggak begini nasibnya. Teman-teman saya sekarang jadi profesor di teknik kimia UGM," ungkapnya.

Sayang kecintaanya di bidang matematika tersebut tidak turun kepada anaknya. Dia melihat anaknya yang kini duduk di kelas satu SMA lebih senang sastra daripada ilmu pasti.

"Kalau anak saya yang SMA malah sukanya sastra, ya nggak papa, kesukaan orang kan beda-beda," tuturnya.

Usaha jasa penggarapan soal matematika yang baru dirintis Subagyo selama 3 minggu ini pun membuat heboh jagad media sosial facebook. Foto aktivitas Subagyo yang diposting fanpage Meme Comic Indonesia mengundang banyak perhatian netizen.

Dalam foto tersebut tampak Bagio duduk dibalik meja sedang mengerjakan soal. Di meja tersebut ditempelkan banner berwarna merah dengan tulisan "Jual Jasa Garap Soal Matematika SD-SMP-SMA".

(mdk/did)