Palembang Diklaim Lebih Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Ketimbang Kota Lain

Palembang Diklaim Lebih Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Ketimbang Kota Lain
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. ©2019 twitter.com
PERISTIWA | 28 Juni 2020 22:34 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang dipastikan menjadi satu dari enam stadion yang bakal menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan anggaran Rp11 miliar untuk merenovasi stadion itu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, secara umum stadion GSJ Palembang lebih siap dibanding empat stadion lain yang juga turut jadi tuan rumah, yakni stadion Si Jalak Harupat Bandung, Gelora Bung Tomo Surabaya, Manahan Solo, dan stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali. Menurutnya, GSJ Palembang nyaris menyamai stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

"Kami nyatakan kami lebih siap dari empat kota lain yang juga tuan rumah. Kami hampir menyamai stadion GBK Jakarta," ungkap Deru, Minggu (28/6).

Menurut dia, banyak keunggulan yang dapat dibandingkan dengan empat kota itu. Mulai dari fasilitas stadion, infrastruktur, dan transportasi. Kondisi stadion juga tak perlu banyak perbaikan karena diklaimnya siap pakai. Belum lagi tersedianya empat lapangan latihan sehingga tak akan membuat kontestan kesulitan memilih tempat latihan.

"Wajar ada istilah Palembang paling siap nomor dua dari enam stadion yang terpilih oleh PSSI dan FIFA," kata dia.

Pihaknya menganggarkan Rp11 miliar untuk merenovasi stadion GSJ dan stadion Bumi Sriwijaya sebagai penunjang. Dipastikan proyek perbaikan selesai Maret 2021 atau dua bulan sebelum gelaran even itu.

"Renovasi rumput kami utamakan, lapangan latihan juga. Renovasi tidak sulit, yakin sesuai target," kata dia.

Dia optimistis Piala Dunia U-20 akan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Sumsel setelah dilanda pandemi Covid-19. Sektor pariwisata dan investasi akan tumbuh.

"Ini jadi stimulan, perekonomian kita bisa kembali pulih, kita lakukan pembenahan semua lini," ujarnya.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumsel Ucok Hidayat mengatakan, pihaknya berencana menambah satu lapangan latihan lagi sehingga menjadi lima tempat. Dia memastikan pengerjaan akan rampung dua bulan sebelum digelar.

"September nanti FIFA kembali datang mengecek kesiapan kita, saya kira tidak ada masalah lagi. Kita sudah bisa mulai kegiatan renovasi," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Stadion Jakabaring Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Renovasi Dikebut
Kemenpora Bertemu PSSI, Bahas Rencana Kelanjutan Liga 1 hingga Persiapan Piala Dunia U-20
MotoGP dan Piala Dunia U-20 Jadi Daya Tarik Wisman ke Indonesia di 2021
Pemkab Bogor Menganggarkan Rp300 Miliar untuk Persiapan Piala Dunia U-20 2021
Makin Cantik Setelah Direnovasi, Ini Wajah Baru Stadion Manahan Solo
Aksi Ganjar Pranowo Main Bola di Peresmian Stadion Manahan Solo, Sambil Hujan-Hujan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami