Pamer Bawa Pistol di Depan Umum, Bupati Rokan Hulu Mengaku Hanya untuk Gaya

PERISTIWA | 6 November 2019 21:19 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman menjadi perbincangan hangat di Provinsi Riau. Dia tertangkap kamera saat membawa pistol di pinggang. Menurutnya, senjata itu adalah airsoft gun dan hanya untuk gaya-gayaan.

"Itu airsoft gun," ujar Sukiman usai mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan di Markas Dakwah DPD Partai Keadilan Sejahtera, Kabupaten Rohul, Rabu (6/11).

Sukiman mengakui foto dirinya yang beredar di berbagai group WhatsApp wartawan, sedang membawa senjata airsoft gun. Ketika itu dia menyalami anggota Palang Merah Indonesia.

Sukiman berdalih pistol itu hanya untuk bergaya saja. "Untuk gaya-gaya saja," kata Sukiman, sambil tertawa.

Selain acara PMI, dalam kesempatan itu Sukiman bersama Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting. Ketika itu mereka mengukuhkan Satgas Satria Kresna. Satgas itu untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bonai Darussalam.

1 dari 2 halaman

Terbawa Sifat Militer

Sukiman menegaskan pistol yang dibawanya itu bukanlah senjata api, melainkan airsoft gun. Dia merasa pistol yang dipamerkan di pinggangnya itu bukan sebuah kesalahan.

"Bukan apa-apa kok. Memangnya (membawa pistol airsoft gun) untuk menyembelih orang?," kata purnawirawan TNI Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel.

Anaknya seorang Perwira TNI Angkatan Laut di Dumai, menjabat sebagai Komandan Lanal.

Hingga kini sifat tentara pada dirinya masih ada. Sehingga, menutur dia, bukan sesuatu yang salah membawa air softgun saat acara kedinasan yang diikuti ratusan peserta di lapangan terbuka itu.

"Saya kan (purnawirawan) tentara. Sifat militer masih ada," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Kapolres

Politikus partai Gerindra itu juga mengaku telah mendapat izin dari Perbakin untuk memiliki dan menggunakan pistol tersebut. Dalam foto yang beredar itu terlihat Sukiman mengenakan pakaian dinas bupati warna cokelat muda.

Pistol itu berada di pinggangnya, tampak jelas dan mencolok. Juga terlihat sangat janggal ketika seorang Bupati membawa pistol, terlebih lagi Rokan Hulu dikenal sebagai wilayah aman dan jauh dan konflik selama ini.

Sukiman juga terlihat didampingi Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting. Dasmin membenarkan Sukirman membawa pistol. Dia juga memastikan jika pistol itu bukan senjata api.

"Informasi dari beliau (Bupati Sukiman), itu bukan senjata api, tapi airsoft gun," kata Dasmin kepada merdeka.com. (mdk/noe)

Baca juga:
Bupati Rokan Hulu Bawa Senjata di Pinggang Saat Peresmian Satgas Karhutla
Berdalih Jaga Rumah, Seorang Pria di Kalbar Simpan Sejumlah Senjata Api
Bawa Senjata Api Buat Pamer dan Miliki Sabu, Pria Ini Diciduk Polisi
Satgas RDB Sita Senapan AK-47 dan Puluhan Amunisi Selama 3 Minggu Operasi
Sidang Kepemilikan Senjata Api Illegal, Habil Marati Simak Tanggapan JPU
Melihat Simulasi Serangan Senjata Kimia di Lebanon