Pamit taklukkan Gunung Elbrus, pendaki difabel seret ban mobil ke Balai Kota Solo

PERISTIWA | 3 Agustus 2018 02:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Aksi unik dilakukan pemanjat gunung berkaki satu asal Solo, Sabar Gorky. Menjelang keberangkatannya ke Rusia untuk menaklukan puncak Gunung Elbrus 12 Agustus nanti, pria 50 tahun itu berpamitan kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Untuk menemui wali kota di kantornya Jalan Sudirman, Sabar Gorky melakukan jalan kaki dari kawasan Ngarsapura yang berjarak sekitar 1,2 kilometer. Namun yang dilakukan Sabar bukanlah berjalan kaki biasa, yang hanya dengan tongkat atau alat bantu seperti biasanya.

Pria yang belum lama ini bekerja di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Solo ini berjalan dengan bantuan tongkat, sambil menyeret dua ban mobil seberat 20 kilogram. Di tengah perjalanan, Sabar menambah satu lagi ban mobil sehingga ia menarik tiga ban. Namun satu ban itu akhirnya dilepas lagi oleh relawan. Dengan keringat bercucuran, Setelah sekitar 30 menit perjalanan, Sabar yang ditemani sejumlah relawan tiba di Balai Kota Solo.

"Saya ingin ke Balai Kota untuk berpamitan dengan Wali Kota Rudy. Saya ingin menyampaikan agar Pemkot Solo terus mempedulikan para penyandang difabel. Agar mereka terus didorong berkreasi," jelas Sabar, Kamis (2/7).

Sabar Gorky menjelaskan, aksinya tersebut dilakukan sekaligus untuk melatih kesiapan fisik sebelum melakukan pendakian gunung setinggi 5.642 meter. Ia juga menyampaikan kepada Wali Kota untuk terus mendorong para difabel agar bisa lebih berprestasi.

"Ini sekaligus untuk latihan, waktu siang saya pilih, ini waktu yang berat. Jadi kalau tidak kuat biar drop di sini saja, jangan nanti pas saat naik gunung," katanya.

Sekretaris PMI cabang Solo Sumartono Hadinoto menambahkan, pihaknya akan terus mengawasi kesehatan Sabar Gorky hingga saat mendaki gunung tertinggi di Eropa itu. Berdasar hasil pemeriksaan, Sabar Gorky memiliki kondisi fisik di atas rata-rata.

"Kami juga akan segera mencari sponsor dan membuka rekening agar masyarakat bisa berdonasi," katanya.

Sabar Gorky mempunyai obsesi untuk menaklukkan 7 puncak gunung tertinggi di dunia. Dalam pendakian ke Rusia kali ini, Sabar berencana melakukan upacara 17 Agustus di puncak Elbrus bersama rombongan Garuda Muda.

Tercatat empat puncak yang sudah pernah ditaklukkan, yakni Kilimanjaro (Afrika), Aconcagua (Argentina), Cartensz Pyramid (Papua) dan Elbrus (Rusia). Tiga gunung yang akan ditaklukkan selanjutnya adalah Vinson Massif, Everest dan Gunung McKinley.

"Saya menargetkan, tahun 2019 nanti bisa menaklukkan tujuh puncak gunung tertinggi. Tahun ini saya merencanakan mendaki dua gunung yakni Gunung Elbrus dan akhir tahun nanti Gunung Vinsos Massif di kutub selatan,"

Baca juga:
Kenalkan songket Sriwijaya, 3 mahasiswa Palembang daki gunung Elbrus
Terjebak di Gunung Rinjani, pendaki asal Thailand unggah foto dan minta pertolongan
Petualangan anakku berakhir di Rinjani
Ainul pendaki Rinjani dimakamkan, teman-temannya beri penghormatan terakhir
Isyarat Amrullah sebelum dapat kabar anaknya meninggal di Rinjani
M Ainul Taksim, pendaki yang meninggal karena gempa belum dievakuasi dari Rinjani

(mdk/cob)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com