Panas Dingin Hubungan Menteri Luhut dengan Amien Rais

Panas Dingin Hubungan Menteri Luhut dengan Amien Rais
luhut dan amien rais. ©2018 Merdeka.com
NEWS | 10 September 2019 05:59 Reporter : Mardani

Merdeka.com - Rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur mendapat penolakan dari Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. Pria yang dijuluki sebagai bapak Reformasi itu menilai pemindahan ibu kota lebih banyak keburukannya ketimbang keuntungannya.

Amien juga tak mengakui kajian yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait rencana pemindahan ibu kota. Dia menilai kajian tersebut pesanan dari China.

"Sesungguhnya memindah Jakarta bukan karena menunggu studi Bappenas, tapi Studi Beijing. Itu jelas sekali," kata Amien di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Menurutnya, pemindahan ibu kota juga bisa mempercepat pengambilalihan kedaulatan Indonesia oleh China. Sebab, Presiden China Xi Jinping pandai dalam mengatur strategi menguasai negara-negara.

Tak cuma kali ini Amien Rais mengritik kebijakan Jokowi. Amien memang dikenal vokal dalam mengritik kebijakan-kebijakan Jokowi yang dinilainya tak baik.

Kritikan-kritikan yang kerap dilancarkan Amien pun mendapat tanggapan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Tak jarang tangan kanan Jokowi itu mengritik balik Amien. Berikut ulasannya:

Baca Selanjutnya: Luhut ke Amien Rais: Kalau...

Halaman

(mdk/dan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami