Pantau Stabilitas Sospol di Daerah, Ditjen Polpum Gelar Rakor Kesbangpol

Pantau Stabilitas Sospol di Daerah, Ditjen Polpum Gelar Rakor Kesbangpol
PERISTIWA | 14 April 2020 17:53 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Guna melakukan pemantauan stabilitas politik dan sosial di daerah, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) terus memonitoring dan melakukan rapat koordinasi dengan Kesbangpol Seluruh Indonesia.

Setelah melakukan Rakor dengan Kesbangpol Provinsi, Senin (13/4), kali ini Rakor kembali digelar dengan para Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Indonesia. Rakor dilaksanakan melalui video conference yang dipimpin oleh Sekretaris Ditjen Polpum Imran, Selasa (14/4) dengan dihadiri oleh 350 Kepala Badan Kesbangpol.

rakor kesbangpol

Rakor Kesbangpol ©2020 Merdeka.com

"Ini bentuk koordinasi kami dengan daerah untuk melakukan monitoring percepatan penanganan pencegahan dan penyebaran Covid-19, serta pemantauan kondisi stabilitas sosial dan politik dalam negeri," kata Imran.

Rapat Koordinasi juga menjadi momentum untuk memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi selama pandemik, serta untuk menjaring aspirasi dari daerah terdampak Covid-19.

"Kami memastikan agar kebutuhan masyarakat di daerah terpenuhi, baik itu dari segi pangan atau kebutuhan pokok hingga bulan Desember, ini harus kita pastikan agar betul-betul tercukupi, karena kalau tidak, masalah ini juga akan berbuntut pada stabilitas sosial dan politik," jelasnya.

Lebih lanjut rapat tersebut juga menjadi ajang berbagi energi dan semangat satu sama lain, agar Kesbangpol di seluruh Indonesia semakin termotivasi untuk berperang bersama melawan Covid-19 dengan membantu Gugus Tugas si daerah.

"Melalui Kesbangpol, ini juga menjadi motivasi daerah agar bersama melawan Covid-19 dan dampaknya, serta memotivasi agar Kesbangpol selalu semangat dalam mengemban tugasnya, terutama dalam hal membantu Gugus Tugas di daerah," cetusnya.

rakor kesbangpol

Rakor Kesbangpol©2020 Merdeka.com

Diakhir, Imran juga berpesan agar Kepala Satuan Kesbangpol di Indonesia juga melakukan koordinasi dengan unsur ormas, Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB), dan tokoh masyarakat lainnya untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Disadarinya, butuh sinergi lintas komponen dan masyarakat untuk bersama mengalahkan pandemik global ini.

Selain dihadiri Kepala Satuan Kesbangpol Kabupaten/Provinsi, rapat turut serta diikuti Wakil Wali Kota Banjarmasin dan Bupati Teluk Bintuni. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami