Pantau Titik Harimau Sumatera, Kamera Trap Dipasang di Kampar Riau

PERISTIWA | 14 Desember 2019 10:03 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Tim Rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Di lokasi itu, sempat ditemukan jejak kaki Harimau Sumatera.

"Memang beberapa hari terakhir ditemukan jejak kaki satwa yang diduga Harimau Sumatera. Dari laporan warga, lalu kami ike lokasi ternyata benar," ujar Humas BBKSDA Riau, Dian Indrati, Sabtu (14/12).

Selain memasang kamera trap, tim BBKSDA, Yayasan TNTN, Rimba Langit Foundation, Babinkamtibmas dan Tim Mitigasi Konflik Satwa Desa Karya Indah bersama sama melakukan sosialisasi dan koordinasi di wilayah tersebut.

Mereka juga melakukan pemasangan poster dan papan informasi. "Poster itu berisi tips menghindari satwa Harimau," tutur Dian.

Dian menyebutkan, pemasangan kamera trap untuk melacak dan memantau pergerakan satwa liar dilindungi itu. Kamera trap akan dipasang di beberapa titik.

Tim juga melakukan identifikasi jejak di Km 6 dan Km 7 serta areal sekitar Sungai Sibam. Dua kamera trap dipasang di sekitar titik yang diperkirakan jadi perlintasan si hewan bernama latin atau Panthera tigris sumatrae tersebut.

"Di sana banyak ditemukan jejak. Tim memperkirakan bahwa jejak Harimau Sumatera yang dijumpai merupakan jejak tiga hari yang lalu," tutur Dian.

Hingga saat ini, tim maupun aparat Desa Karya Indah tidak ada menerima laporan lanjutan soal keberadaan jejak Harimau Sumatera. (mdk/lia)

Baca juga:
Penyebab Harimau Sumatera Serang Manusia, Mangsanya Habis Diburu
Warga Muara Enim Tewas Diterkam Harimau Sumatera
CEK FAKTA: Kabar Harimau Sumatera Berkeliaran di Duri Riau Hoaks
Dua Harimau Sumatera Betina Jadi Korban Tiga Pemburu di Riau
Cara Pemburu di Riau Membunuh Harimau: Berhadapan Lalu Disetrum Hingga Mati
Mengaku Lihat Harimau, 6 Petani di Pagaralam Minta Dievakuasi dari Kebun

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.