Papua Barat dapat Jatah Vaksin Covid-19 7.160 Dosis, Jayapura 14.000

Papua Barat dapat Jatah Vaksin Covid-19 7.160 Dosis, Jayapura 14.000
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS
PERISTIWA | 4 Januari 2021 13:59 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Sebanyak 7.160 dosis vaksin Covid-19 tiba pekan ini di Papua Barat. Pengiriman dilakukan pada 6 Januari 2021 oleh Pemerintah Pusat.

"Dalam pekan ini diperkirakan vaksin tersebut sudah dikirim dari Jakarta dan tiba Papua Barat. Pengiriman dilakukan tanggal 6 Januari, jadi kemungkinan tanggal 7 sudah tiba di sini," ucap Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan di Manokwari, Senin (4/1).

Otto belum tahu pasti vaksin jenis apa yang diberikan ke Papua Barat. Pengiriman dilakukan melalui Bio Farma dan sudah melalui uji klinis termasuk pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ia juga memastikan bahwa alat penyimpanan vaksin telah siap di seluruh kabupaten dan kota Papua Barat. Begitu tiba vaksin akan disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan provinsi di Manokwari.

"Untuk pendataan ulang nakes sudah dilakukan melalui aplikasi. Hasilnya akan dilaporkan ke BPSDM Kemenkes di Jakarta," katanya lagi.

"Untuk pendataan ulang nakes sudah dilakukan melalui aplikasi. Hasilnya akan dilaporkan ke BPSDM Kemenkes di Jakarta," katanya lagi.

Otto Parorongan menyebutkan bahwa jumlah dosis vaksin yang diberikan ke Papua Barat belum bisa menjangkau seluruh sasaran pada kelompok rentan. Untuk itu vaksinasi akan disesuaikan dengan dosis yang diberikan pusat.

Ia menambahkan sejumlah daerah di Papua Barat masih terus mengalami penambahan kasus positif Covid-19. Seperti Kota Sorong, Manokwari, Kabupaten Sorong, Teluk Bintuni, Sorong Selatan dan Teluk Wondama.

"Daerah-daerah itu akan menjadi prioritas, namun daerah lain juga tetap akan kita berikan perhatian pada vaksinasi ini," ujarnya.

Meskipun vaksinasi di Papua Barat akan segera dilakukan namun, Otto mengimbau agar masyarakat di seluruh daerah tetap mewaspadai penularan Covid-19. Protokol kesehatan tetap wajib dalam setiap aktivitas.

14.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Jayapura

Sementara itu, sebanyak 14.000 vaksin Covid-19 telah tiba di Bandara Sentani Jayapura dengan menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 658 dari Jakarta, Senin sekitar pukul 10.30 Wit.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Robby Kayame, di Jayapura membenarkan tibanya vaksin Covid-19 dan langsung dibawa ke kawasan RSUD Dok II Jayapura.

Saat ini vaksin Covid-19 masih diturunkan dari truk pengangkut dan akan disimpan di ruang khusus penyimpanan yang ada di Dok II, katanya.

Ketika ditanya tentang jumlah vaksin yang diterima, Kayame mengaku belum mengetahui secara pasti karena dikemas di dalam delapan koli.

Terkait penerima vaksin Covid-19, belum mengetahui pasti berapa jumlah penerima secara keseluruhan karena untuk tahap pertama diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, ungka Kayame.

Kadinkes Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Antari secara terpisah mengaku, untuk tahap awal Kota Jayapura akan menerima 14 ribu vaksin.

Saat ini dinkes sedang melakukan verifikasi terkait penerima vaksin Covid-19, karena jumlah tenaga kesehatan sekitar 600 orang, belum termasuk yang bertugas di delapan rumah sakit.

Berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan sebelum pemberian vaksin Covid-19 dilakukan, kata dr. Nyoman Antari.

Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua mencatat hingga Minggu (3/1) pasien positif Covid-19 mencapai 13.590 orang, 12.265 orang di antaranya sembuh dan 243 orang meninggal, serta 1.082 orang dirawat. (mdk/rhm)

Baca juga:
4.000 Tenaga Kesehatan di Banten Batal Disuntik Vaksin Covid-19
15.120 vial Vaksin Covid-19 Tiba di Ambon
Jabar Dapat 97.080 Dosis Vaksin Covid-19, Distribusi Dibagi Dua Tahap
Sulsel Terima 30 Ribu dari 66.640 Dosis Vaksin Covid-19
Penjelasan Vaksinolog Soal Cara Kerja Vaksin Setelah Disuntik dalam Tubuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami