Pariwisata Bali Bakal Dibuka Bertahap dan Terbatas

Pariwisata Bali Bakal Dibuka Bertahap dan Terbatas
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 01:30 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menekankan pariwisata Bali pasca Covid-19 akan dibuka secara terbatas dan bertahap.

"Tidak, semua kawasan akan dibuka, hanya yang telah secara baik menjalankan protokol kesehatan-lah yang kita buka. Itupun, dengan sertifikasi dari Pemerintah Daerah," katanya di Kantor Wakil Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (6/8).

Pemprov Bali sendiri telah mengeluarkan pedoman kesehatan di 14 sektor. Panduan ini ditambah pula ketentuan khusus di sektor pariwisata melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) nya masing-masing.

"Kami cukup bangga, teman-teman pelaku pariwisata yang belum siap secara jujur menyatakan belum siap. Keterlibatan masyarakat juga sampai sekarang masih disiplin dimana Desa Adat bahkan membuat sanksi tersendiri terkait protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara, untuk penerapan SOP protokol kesehatan tersebut, menurut Cok Ace adalah hal yang akan dikedepankan dalam promosi Bali terutama setelah pembukaan pintu wisatawan domestik 30 Juli 2020 dan jelang pembukaan untuk Wisatawan Mancanegara (Wisman) pada 11 September mendatang.

"Selain protokol kesehatan, untuk karyawan hotel misalnya kita laksanakan tes Covid-19 secara berkala. Mudah-mudahan tidak ada halangan, sehingga 11 September pintu wisman ke Bali bisa dibuka, selain tentu saja menunggu regulasi pemerintah pusat dan negara lain untuk pembukaan penerbangan," jelas Cok Ace.

Baca Selanjutnya: Dalam sebuah poling secara virtual...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami