Pascadilantik, Anggota DPRD Banten Ramai-ramai Gadaikan SK untuk Pinjaman Bank

PERISTIWA | 9 September 2019 21:04 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten periode 2019-2024 telah dilantik awal Agustus lalu. Baru satu bulan menjabat, sejumlah wakil rakyat itu beramai-ramai menggadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai anggota dewan untuk pinjaman Bank.

Nominal pinjaman yang ditawarkan bank untuk wakil rakyat periode 2019-2024 tersebut mencapai Rp500 juta hingga Rp1 miliar per anggota.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan. Ia mengatakan, sudah beberapa anggota dewan yang mengajukan permohonan pinjaman menggunakan SK pengangkatan.

"Iya benar sudah ada (mengajukan) beberapa kemungkinan akan terus bertambah. Tapi itu kan masalah pribadi kita hanya mengurus saja," kata Deni saat dikonfirmasi, Senin (9/9).

Berdasarkan data yang dihimpun sekretariat DPRD, sudah 10 orang yang mengajukan pinjaman. Pinjaman tersebut akan dibayarkan melalui pemotongan gaji per bulan anggota.

"Ada yang mengajukan ke BJB dan Bank Banten tapi rata-rata ke Bank Banten. Yang sudah mendapat surat kuasa dengan bank kami langsung mengurus cicilan," tuturnya.

Menurut Deni fenomena ini sudah menjadi rahasia umum. Mengingat, pada periode 2014-2019 berdasarkan data yang dihimpun sebanyak 45 anggota yang menggadaikan SK sebagai wakil rakyat. (mdk/lia)

Baca juga:
Baru Dilantik, 85 Anggota DPRD Banten 2019-2024 Langsung Dapat Gaji
Ditanggung APBD, Sewa Rumah Dinas Sekda Banten Capai Rp290 Juta
Tuntut Kesejahteraan, Buruh se-Banten Demo Istana Negara
Sempat Misterius, Pembunuh Satu Keluarga di Banten Terungkap
Aktivis Gelar Upacara Bendera Menghadap Laut dan Bersih Pantai
Misteri Pelaku Bertopeng Bantai Satu Keluarga di Banten
Sah! Gerindra Ambil Alih Banten dari PDIP

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.