Pasien Covid-19 Sembuh di Bali Bertambah 7, Total 302 Orang

Pasien Covid-19 Sembuh di Bali Bertambah 7, Total 302 Orang
PERISTIWA | 27 Mei 2020 20:45 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menyampaikan perkembangan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Bali.

Dia mengatakan, untuk hari ini pasien positif Covid-19 di Bali bertambah 8 orang sehingga secara akumulatif total pasien positif yang telah ditangani sampai saat ini 415 orang.

"Jumlah kumulatif pasien positif 415 orang, bertambah 8 orang WNI, terdiri dari 4 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI), 3 orang imported case dan 1 orang transmisi lokal," kata Indra, di Denpasar, Bali, Rabu (27/5).

Sementara ada tujuh pasien sembuh dari Covid-19. Sehingga secara akumulatif pasien yang sembuh sampai saat ini 302 orang.

"Jumlah pasien yang telah sembuh sebanyak 302 orang, bertambah 7 orang WNI terdiri dari 2 orang PMI dan 5 orang transmisi lokal," ujar dia.

Sementara untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia tidak ada penambahan dan tetap empat orang. Di antaranya dua WNA dan dua WNI.

"Sementara untuk jumlah pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) 109 orang yang ada di 7 rumah sakit, dan di karantina di Bapelkesmas dan BPK Pering," ujar Indra.

Dia menjelaskan, untuk jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh imported case. Sementara, untuk transmisi lokal komulatif sejumlah 178 orang.

"Hal ini, berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, jaga jarak fisik dan lainnya. Untuk itu, sekali lagi dalam upaya menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini," ujar Indra.

1 dari 1 halaman

4 Orang Dinyatakan Sembuh Covid-19 di Denpasar

Kabar baik berhembus di tengah penanganan Covid-19 di Kota Denpasar. Hari ini, empat orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. Namun demikian pasien positif Covid-19 juga bertambah sebanyak 2 orang per hari Rabu (27/5).

Pasien sembuh diketahui berdomisili di Desa Sumerta Kelod, Desa Dangin Puri Kaja, Desa Dauh Puri Klod, dan Desa Padangsambian Klod. Sedangkan pasien positif Covid-19 diketahui berdomisili di Kelurahan Padangsambian dan Desa Pemogan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat konfirmasi membenarkan informasi tentang adanya pasien Covid-19 di Kota Denpasar yang sembuh.

"Tadi kami sudah mendapatkan laporan bahwa empat pasien yang sebelumnya menjalani perawatan kini sudah sembuh, namun juga terjadi penambahan kasus positif Covid-19 baru akibat transmisi lokal sebanyak 2 orang, kasus OTG juga bertambah 19 orang," kata dia.

Melihat perkembangan kasus itu, Dewa Rai tetap mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar menunjukan angka tren peningkatan. Selain kasus positif, keberadaan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil tracking Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Desa dan Lurah masih menjadi ancaman penularan baru untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, dengan bertambahnya kasus positif serta masih adanya orang yang berstatus OTG, ODP dan PDP masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah serta protokol kesehatan.

"Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar Covid-19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain, karena kita tidak mengetahui siapa yang membawa virus atau tidak, untuk itulah diperlukan kesadaran, kejujuran dan disiplin semua pihak," jelas Dewa Rai.

Dewa Rai juga menerangkan, angka kasus kumulatif Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 83 kasus positif. Rinciannya adalah 61 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 20 orang masih dalam perawatan.

Kemudian, sampai saat ini hasil tracking tim gugus tugas di Kota Denpasar secara komulatif terdapat status OTG 543 kasus, namun 320 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 223 OTG. Selanjutnya, ODP secara akumulatif tercatat 307 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 250, sehingga masih tersisa 57 ODP.

"Dan PDP secara akumulatif sebanyak 62 kasus, namun 22 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, sehingga tersisa 40 yang berstatus PDP," ujar Dewa Rai. (mdk/gil)

Baca juga:
10 Pasien Sembuh Covid-19 di Riau, 2 Hari Tak Ada Penambahan Kasus Positif
Dari 34 Tenaga Medis di Papua Positif Corona, Tujuh Sudah Sembuh
Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Bali 295 Orang
Walkot Kendari Anggap 10 Pasien Covid-19 Sembuh Merupakan Berkah Idulfitri
Bahagianya Nenek di Sulbar, Sembuh dari Corona dan Bisa Lebaran dengan Keluarga
Update Pasien Covid-19 Lebaran Hari ke-2: 22.750 Positif, 5.642 Sembuh, 1.391 Wafat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami