Pasien Covid-19 yang Sembuh di Surabaya dapat Pendampingan

Pasien Covid-19 yang Sembuh di Surabaya dapat Pendampingan
PERISTIWA | 28 Maret 2020 10:32 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, tetap memberikan pendampingan kepada para pasien COVID-19, meski sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter di rumah sakit rujukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg Febria Rachmanita mengatakan salah satu pendampingan yang diberikan adalah memotivasi untuk menjaga kesehatan serta memberikan vitamin dan makanan suplemen tambahan untuk menambah imun atau daya tahan tubuhnya.

"Kami motivasi untuk terus menjaga kesehatan," katanya di Surabaya, Sabtu (28/3).

Menurut dia, jumlah pasien positif COVID-19 di Surabaya berjumlah 33 orang dengan rincian 31 warga Surabaya dan dua orang dari luar Surabaya. Enam orang lainnya sudah dinyatakan sembuh, mereka masing-masing lima orang warga Surabaya dan seorang dari luar Surabaya.

"Jadi ada enam orang sudah dinyatakan sembuh," katanya.

Ia menyebut jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 di Surabaya yang sudah selesai dilakukan pemantauan sebanyak 161 orang dari totalnya 189 orang. Sedangkan ODP yang belum dilakukan pemantauan sebanyak 28 orang. Hal ini dikarenakan mereka belum habis masa inkubasi 14 hari.

"Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 16 orang, sedangkan sembilan orang saat ini masih dirawat di rumah sakit, sedangkan sisanya melakukan isolasi mandiri di rumah," kata Febria Rachmanita.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pihaknya juga mendorong dan mengingatkan kepada pihak keluarga agar untuk sementara waktu, pasien yang dinyatakan sembuh itu tidak melakukan hal yang bisa membuat stres ataupun capek.

"Keluarganya harus saling mengingatkan untuk jaga kesehatannya, tidak boleh capai, tidak boleh stres," katanya. (mdk/ded)

Baca juga:
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana 'Menang' Lawan Corona
Wakil Wali Kota Bandung Sembuh, Wali Kota Cimahi Dinyatakan Negatif Corona
Pemerintah: Negatif Saat Rapid Test Tak Berarti Kebal Covid-19
Diapit Cellica dan Bima Arya, Airin Rachmi Diany Negatif Corona
Tes Kedua, Ridwan Kamil Pastikan Negatif Virus Corona
Hari Pertama Rapid Test di Depok, Tenaga Medis di Puskesmas Limo Negatif Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami