Pasien Dirawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Sudah Mencapai 208 Orang

Pasien Dirawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Sudah Mencapai 208 Orang
PERISTIWA | 26 Maret 2020 11:10 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjelaskan saat ini pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet hingga Kamis (26/3) pagi yaitu dengan total 208 pasien.

Sebelumnya, kata dia, sejak Selasa (24/3) terdapat 74 pasien, dan Rabu (25/3) bertambah jadi 178 pasien yang terdiri dari status positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP).

"Sampai dengan hari ini pasien yang sudah diterima di RS yaitu sampai dengan pagi ini sekitar 208. Jadi hari pertama, 24 pagi 74, 25 pagi 178, pagi ini jadi 208 pasien," kata Eko saat siaran telekonference di BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Eko menjelaskan ada beberapa tata cara yang harus dilakukan untuk masyarakat jika ingin datang ke rumah sakit tersebut. Salah satunya yaitu kata dia, memiliki gejala COVID-19 atau pernah kontak pasien positif. Jika pasien mengalami kondisi berat, maka RS Wisma Atlet akan merujuk ke rumah sakit rujukan seperti RS Persahabatan, RSPI.

"Perlu disampaikan di sini, di bangun atau penangan khusus covid-19 dapat tenggat ringan maksimum sedang, maka dari rs ini akan di rujuk, apa di RSPI, atau persahabatan. Kapasitas saat ini dari dua tower, total 3000 pasien mampu menampung, kalau ini bertambah akan ditambah tower 4 dan 5," ungkap Eko.

Eko meminta kepada masyarakat mengetahui bahwa RS Darurat Wisma Atlet tersebut bukan rumah sakit biasa. Melainkan Rumah sakit untuk para pasien yang terpapar virus corona.

"Bahwa rumah sakit ini berbeda, RS yang lain, karena rumah sakit ini, self karantina, dan dapat apabila di rs rujukan. Sudah beberapa pasien yang datang, yang berat, untuk menampung pasien yang di jabodetabek. namun kenyataannya ada pasien dari Surabaya dan Semarang tetapi kami akan menerima. Kemudian, penerimaan pasien usia minimal 15 tahun ke atas," kata Eko. (mdk/gil)

Baca juga:
Jumlah ODP Virus Corona di Sultra Membengkak Menjadi 2.289 Orang
Kenangan Leonita, Detik-detik Sang Ayah Embuskan Napas Terakhir di Ruang Isolasi
Krisis Covid-19, CEO Toyota: Kami akan Lakukan Apa Pun karena Keluarga Saling Menjaga
Pemda DIY Jelaskan Penyebab Kasus Positif Virus Corona Melonjak Jadi 18 Orang
Pangdam Jaya Minta Hentikan Hoaks Terkait RS Darurat Wisma Atlet
Positif Corona Covid-19, Inilah Riwayat Pertemuan Publik Pangeran Charles

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami