Pasutri di Garut Tipu Belasan Orang yang Ingin Jadi PNS

Pasutri di Garut Tipu Belasan Orang yang Ingin Jadi PNS
borgol. shutterstock
PERISTIWA | 23 April 2021 00:30 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Sepasang suami istri (pasutri) asal Kecamatan Garut Kota, Garut, diduga melakukan penipuan terhadap belasan orang dengan modus pengangkatan PNS. Kedua ditangkap aparat Polsek Cisurupan, Rabu (21/4).

Kanit Reskrim Polsek Cisurupan Ipda Amirudin Latif mengatakan, pasangan suami istri yang ditangkap berinisial CSM (59) dan NW (43). "NW ini adalah guru honorer di salah satu SMK di Kabupaten Garut, kalau suaminya wiraswasta," kata Amir, Kamis (22/4).

Amir mengungkapkan, penangkapan keduanya dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari korban, Selasa (20/4). Dia mengaku telah ditipu hingga mengalami kerugian Rp130 juta.

"Korban ini mengaku dijanjikan akan diangkat menjadi PNS sejak tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini tidak kunjung jadi. Mungkin ke sininya sadar kalau dirinya telah menjadi korban penipuan setelah menagih tak kunjung ditepati sehingga akhirnya melaporkan ke kita," ungkapnya.

Saat diperiksa, keduanya tersangka tak menyangkal telah melakukan penipuan kepada korban. Mereka bahkan mengaku telah melakukan perbuatan serupa kepada sejumlah korban lainnya.

Berdasarkan pemeriksaan, sebut Amir, pelaku setidaknya mengaku sudah menipu 15 orang korban yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Garut. Korban di wilayah hukum Polsek Cisurupan hanya satu orang.

"Sisanya tersebar di beberapa kecamatan. Yang paling banyak dari wilayah Polsek Tarogong Kaler," sebutnya.

Selain itu, hasil pemeriksaan kepada pelaku juga menemukan aliran uang kepada seorang mantan pejabat. "Ada aliran juga kepada salah seorang mantan pejabat BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat). Saat ini pindah tugas, jabatannya masih sama, Kabid," katanya.

Amir mengaku bahwa pihaknya masih melakukan pengembangan kasus ini. Tidak tertutup kemungkinan tersangka dalam kasus itu akan bertambah. (mdk/yan)

Baca juga:
Pasutri di Garut Tipu Belasan Orang yang Ingin Jadi PNS
Pria Ini Janjikan Bisa Jadi ASN di Pemprov Jatim, Nasibnya Malah Berakhir di Sini
Tipu Warga Rp350 Juta untuk Jadi PNS, Aiptu Wayan Diciduk Polres Buleleng
IRT di Padang Ditetapkan Tersangka Penipuan Bisa Meluluskan Tes CPNS
Datangi Polda Metro Jaya, Menpan RB Laporkan Adanya Praktik Calo CPNS
Calo PNS Buron 1,5 Tahun Akhirnya Dibekuk Polisi di Buleleng

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami