PDIP Gelar Berbagai Lomba Ramaikan Bulan Bung Karno

PDIP Gelar Berbagai Lomba Ramaikan Bulan Bung Karno
PERISTIWA | 6 Juni 2020 22:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PDIP membuka berbagai perlombaan untuk meramaikan Bulan Bung Karno. Informasi lomba disebar secara masif sejak (6/6) hari ini, bertepatan dengan hari lahirnya Bung Karno.

Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat mengatakan, PDIP sudah merayakan acara tersebut sejak 2010. Namun, kali ini dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian.

Dengan agenda ini, diharapkan mengundang keterlibatan aktif kader partai dan masyarakat umum sekaligus untuk semakin menamamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang," kata Djarot.

Ketua DPP PDIP bidang ideologi ini menjelaskan lomba yang digelar antara lain ngevlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno. Durasi 3 menit dengan sejumlah tema dan disosialisakan di media sosial dan diberikan sejumlah hadiah bagi pemenang.

"Ada juga lomba ngevlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya 3 menit," kata Djarot.

"Selanjutnya diadakan lomba video dokumenter dengan durasi 5-10 menit dengan sejumlah tema yang telah ditentukan panitia. Memaparkan program/karya yang telah lebih dari 3 bulan dirasakan dampaknya oleh masyarakat," lanjut dia.

Menurut dia, semua pemenang mendapat buku terkait Bung Karno yakni 'Di bawah Bendera Revolusi' dan 'Penyambung Lidah Rakyat', serta uang tunai.

1 dari 1 halaman

Di tempat terpisah, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan selain lomba yang dipaparkan ada juga beberapa agenda lain. Seperti lomba cipta lagu, bakti sosial dan berbagai bentuk kegiatan kebudayaan. Serta pagelaran wayang secara streaming telah dilakukan dua kali.

Menurut dia, sejumlah kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal.

Hasto menjelaskan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberi instruksi agar kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 dilakukan secara daring. Baik melalui teleconference, webinar dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema: 'Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19'.

"Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan," papar Hasto.

Dia menambahkan Megawati mengharapkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah pandemi Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

"Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," pungkas Hasto.

Reporter: Putu Merta Surya Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Jelang Harlah Soekarno, PDIP Ingatkan Pemuda Semangat Patriotisme Lewat Wayangan
Soekarno dan Warisan Karya Arsitektur yang Tersisa
Wakil Ketua MPR: Bung Karno Santri Enam Dimensi
Sasar Milenial, PDIP Gelar Bulan Bung Karno Lewat Konten Kreatif di Medsos
Sambut 'Bulan Sukarno', Bupati Anas Bagi Paket Buku Bung Karno ke Pesantren

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5