PDIP Targetkan Sapu Bersih 21 Daerah di Jateng yang Gelar Pilkada 2020

PERISTIWA | 24 Januari 2020 18:54 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - 21 Daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah akan menggelar Pilkada serentak pada 23 September 2020. DPD PDIP Jawa Tengah sesumbar akan menyapu bersih seluruh daerah. Target tersebut dinilai realistis mengingat pada Pemilu 2019, PDIP menguasai Jawa Tengah.

"Target resmi yang diberikan DPP belum resmi dicanangkan. Kami maunya ya semua (menang)," ujar Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti, Jumat (24/1).

Menurut anggota DPR RI asal Sragen itu, saat ini DPP PDIP dan DPD PDIP masih menjalani proses tahapan Pilkada. Soal target nanti terkait hasil survei seperti apa, termasuk logistik juga jadi pertimbangan tersendiri.

"Calon-calonnya yang potensi berapa, respons masyarakat bagaimana, dan seterusnya dalam waktu dekat akan kita ketahui," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Dia menyarankan, pada semua bakal calon wali kota dan wakil wali kota maupun bakal calon bupati dan calon wakil bupati agar aktif bersosialisasi kepada masyarakat. Hal itu sangat penting sebelum rekomendasi turun dari DPP PDIP.

"Tujuan aktif bersosialisasi kepada masyarakat adalah untuk mendongkrak populartas dan elektabilitas," tutur dia.

Dia menambahkan, DPD PDIP Jawa Tengah, pada Februari mendatang akan melakukan pengambilan sampel kembali terkait pupularitas dan elektabilitas semua bakal calon kepala daerah di 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020. Pengambilan sampel survei tersebut dimaksudkan untuk memantau pergerakan profil para bakal calon, baik figur eksternal maupun internal.

Terkait turunnya rekomendasi, Wilujeng mengaku tidak mengetahuinya. Dia memprediksi keluarnya rekomendasi tidak bersamaan di seluruh daerah di Indonesia yang ikut Pilkada serentak.

"Daerah yang PDIP nya unggul di Pemilu 2019 bisa diumumkan rekomendasi lebih awal," katanya lagi. (mdk/rnd)

Baca juga:
Jokowi ingin Pilkada 2020 Damai: Jangan ada Hoaks, Fitnah
Ogah Jalur Independen, Irman Yasin Limpo Maju Pilkada Makassar Lewat Partai
Maju Pilgub Kalteng, Eks Wali Kota Palangka Raya akan Tingkatkan Kualitas SDM Warga
Pemerintah Bakal Sanksi yang Politisasi Isu Negatif di Pilkada 2020
KPU: 270 Daerah Gelar Pilkada Serentak 23 September 2020

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.