Pebalap Liar di Bulukumba Dihukum Mengaji dan Diberi Sembako

Pebalap Liar di Bulukumba Dihukum Mengaji dan Diberi Sembako
Pebalap Dihukum Mengaji. Antara
NEWS | 10 April 2022 00:03 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Pebalap liar dihukum mengaji saat ditangkap polisi dalam operasi keamanan dan ketertiban selama Ramadan 1443 hijriah di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Polisi berharap hukuman itu membuat para pebalap liar jera.

"Kita berharap dengan metode hukuman mengaji ini bagi remaja yang ikut-ikutan balap liar bisa memberi efek jera," kata Kasatlantas Polres Bulukumba AKP Desi Ayu di Makassar, Sabtu (9/4).

Melalui model pendekatan program ngaji on the road seperti ini, kata Ayu, dinilai lebih efektif kepada para remaja yang sering ikut balapan liar apalagi saat bulan puasa. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk edukasi kepada mereka yang emosinya masih labil termasuk menekan angka kecelakaan.

2 dari 2 halaman

Orang Tua Diimbau Tingkatkan Pengawasan

Polisi mengimbau para orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap anaknya, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain hukuman mengaji, para remaja yang terjaring operasi juga diberikan bantuan bahan pokok.

Syaratnya, apabila surah pendek dalam Alquran yang disuruh baca oleh petugas bisa dilafalkan dengan benar serta berikrar tidak mengulangi perbuatannya. Sejauh ini, pekan pertama Ramadan petugas menangkap sebanyak 33 unit motor.

Kendaraan yang disita rata-rata tidak memiliki kelengkapan standar, tanpa spion, knalpot racing dan tidak membawa surat-surat kendaraan. Razia dilaksanakan di Jalan Cekkeng Nursery, Bulukumba.

Seluruh kendaraan yang diamankan kini berada di Polres Bulukumba dan disita maksimal tiga bulan. Bagi pemilik kendaraan bisa mengambil kendaraannya setelah lebaran Idul Fitri dengan membawa kelengkapan motor dan surat-suratnya. Dikutip Antara. (mdk/gil)

Baca juga:
Sembilan Pelaku Tawuran dan Balap Liar di Tangsel Digiring Jalan Jongkok
Tidak Lagi Balapan Liar, Remaja di Bekasi Gelar Balap Lari
Cegah Balap Liar dan SOTR, 13 Ruas Jalan di Jakarta akan Disekat Selama Ramadan
Irjen Fadil Perintahkan Motor Pelaku Balap Liar di Bulan Ramadan Dikandangkan
Balap Liar Setelah Sahur, Pemuda Tewas Usai Motor Tabrak Pasutri yang Melintas
Ini Penampakan Ratusan Motor Balap Liar Ramadan di Makassar
Kelompok Remaja di Bekasi Isi Malam Ramadan dengan Balap Lari, Diapresiasi Kapolres

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini