Pelajar SMA Terjatuh dan Meninggal Saat Turun dari Puncak Gunung Piramid

Pelajar SMA Terjatuh dan Meninggal Saat Turun dari Puncak Gunung Piramid
PERISTIWA | 9 Agustus 2020 20:39 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Kasus pendaki hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur kembali terjadi. Seorang pelajar SMA dikabarkan terjatuh usai mendaki dan bermalam di gunung yang masih satu kawasan dengan Gunung Argopuro tersebut. Pelajar tersebut adalah Multazam alias Arik (18) yang merupakan pelajar kelas XII di SMAN Tenggarang, Bondowoso.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Adi Sunaryadi membenarkan kabar tersebut.

"Ada lima pendaki yang mendaki Gunung Piramid sejak hari Sabtu (8/8) pukul 16.00 WIB. Mereka bernama Ade, Ari, Adi, Bayu dan Multazam," ujar Adi Sunaryadi saat dikonfirmasi melalui telepon selular.

Kelima pendaki tersebut kemudian berkemah di titik yang disebut sebagai belakang punggung naga. Pada Minggu (9/8) sekitar pukul 06.00 WIB, tiga diantara kelima pelajar tersebut mendaki ke puncak Gunung piramid. Setelah puas berfoto, mereka bertiga kemudian turun dari puncak gunung.

Namun nahas, salah satu dari ketiga pendaki tersebut, yakni Multazam alias Arik, terjatuh dari puncak gunung.

"Korban terpeleset dan jatuh ke tebing di sisi utara. Lalu kedua saksi meminta pertolongan kepada warga yang ada di bawah," lanjut Adi.

Mendapat laporan ada pendaki yang jatuh, sekitar pukul 10.00 WIB, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bondowoso segera meluncur ke lokasi. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal. Tim SAR gabungan Basarnas dan Tim Reaksi Cepat BPBD setempat beserta tim lainnya kini tengah melakukan proses evakuasi jenazah korban.

"Iya ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia. Tim gabungan saat ini masih perjalanan dari lokasi ditemukannya pendaki yang terjatuh saat mendaki," katanya.

Menurut Adi, tim SAR gabungan mengevakuasi korban melalui jalur alternatif, karena pertimbangan keselamatan tim jika melewati jalur pendakian ke puncak Gunung Piramid di di kawasan Pegunungan Argopura, Kecamatan Curahdami, Bondowoso, itu.

"Petugas mengevakuasi korban melewati jalur alternatif menyusuri sungai," ujarnya.

Sebelumnya, pada 23 Juni 2019, seorang pelajar SMP di Bondowoso bernama Thoriq Rizki dilaporkan karena terjatuh di salah satu tebing Gunung Piramid. Setelah dilakukan pencarian besar-besaran selama 12 hari, korban kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Kawasan Gunung Piramid dikenal dengan pemandangannya yang cukup eksotis dengan ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski tidak terlalu tinggi, namun Gunung Piramid dikenal sangat curam sehingga tidak disarankan untuk pendaki pemula. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami